Mengenal Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Off Grid

Mengenal Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Off Grid

Mengenal Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Off Grid – Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Off Grid (Terpusat) adalah system pembangkit listrik yang hanya mengandalkan energy matahari sebagai satu – satunya sumber energy listrik biasa juga di sebut sistem independen. Energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya dapat digunakan langsung ke beban untuk kebutuhan listrik yang ada dan selebihnya akan disimpan ke dalam baterai untuk dijadikan cadangan energi. Sistem ini sangat cocok untuk daerah terpencil atau pedesaan atau biasa disebut dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Komunal  yang sulit mendapatkan suplai bahan bakar minyak (BBM) ataupun ketiadaan jaringan listrik PLN.

Mengenal Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Off Grid

Sistem pembangkit listrik tenaga surya off grid umumnya digunakan pada daerah tidak terjangkau jaringan listrik (PLN), beberapa produk off grid system diantaranya SHS (Solar Home System), PJUTS, dan PLTS Komunal untuk system berskala besar. Komponen-komponen pendukung sistem pembangkit listrik tenaga surya off grid adalah sebagai berikut :
1.Panel Surya
2.Baterai Charge Controller
3.Baterai
4.Inverter DC to AC
5.Beban

Skema Pembangkit Listrik Tenaga Surya Off Grid

Skema Pembangkit Listrik Tenaga Surya Off Grid

 

Baca Juga artikel: Produk Pembangkit Listrik Tenaga Surya Off Grid dari PT Surya Utama Putra

Demikian sekilas informasi tentang Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Off Grid semoga bermanfaat jika memang membutuhkan informasi lanjutan terkait produk ini bisa langsung menghubungi kami.

Lihat yang terkait:

error: Content is protected !!