Mengenal Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid

Mengenal Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid

Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid adalah pembangkit listrik yang terdiri lebih dari 1 macam pembangkit dimana menggabungkan beberapa sumber energi yang dapat diperbaharui (renewable) dengan dan atau yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable). Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid merupakan salah satu alternatif sistem pembangkit yang tepat diaplikasikan pada daerah-daerah yang sukar dijangkau oleh sistem pembangkit besar seperti jaringan PLN atau PLTD. Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid ini memanfaatkan renewable energy sebagai sumber utama (primer) yang dikombinasikan dengan Diesel Generator sebagai sumber energi cadangan (sekunder). Pada Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid, renewable energy yang digunakan dapat berasal dari energi matahari, angin, dan lain-lain yang dikombinasikan dengan Diesel-Generator Set sehingga menjadi suatu pembangkit yang lebih efisien, efektif dan handal untuk dapat mensuplai kebutuhan energi listrik.

Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH)

Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH) pada prinsipnya mengkonversi sinar matahari menjadi listrik DC. Mengingat sistem hybrid menggunakan solar panel dalam jumlah yang cukup banyak dan semuanya disambungkan baik seri maupun paralel, maka modul surya dengan kapasitas per panel yang besar (> 100 Wp/panel) lebih disukai, dengan demikian dapat mengurangi kebutuhan kabel koneksi. Listrik yang dihasilkan oleh panel surya, sebelum masuk ke jaringan distribusi dikonversi menjadi listrik AC (alternating current), oleh karena itu output dari panel solar diusahakan dengan voltage >12VDC (system voltage 48V ~ 120 VDC umum dipakai). Untuk kebutuhan ini, BP Solar mengeluarkan panel surya 130Wp dengan sistem voltage 24V DC, hal ini memudahkan koneksi untuk mengejar DC voltage yang tinggi. Koneksi seri/paralel antar panel surya juga disertai dengan diode-diode pengaman (Bypass Diode dan Blocking Diode) untuk mencegah short circuit, hot spot, dan reverse current.

Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid

5kw hybrid solar power wealth creation homes image by wealthcreationhomes-co.nz

Energi Terbarukan (Renewable energy) yang digunakan dapat berasal dari energi matahari, angin, dan lain-lain yang dikombinasikan dengan Diesel-Generator Set sehingga menjadi suatu pembangkit yang lebih efisien, efektif dan handal untuk dapat mensuplai kebutuhan energi listrik baik sebagai penerangan rumah atau kebutuhan peralatan listrik yang lain seperti TV, pompa air, strika listrik serta kebutuhan industri kecil di daerah tersebut. Dengan adanya kombinasi dari sumber-sumber energi tersebut, diharapkan dapat menyediakan catu daya listrik yang kontinyu dengan efisiensi yang paling optimal. PLTH merupakan energi ramah lingkungan karena relatif tidak menimbulkan emisi udara.

Baca juga artikel: Pengertian dan Jenis Sel Surya

Tujuan dari Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid ini untuk membangun suatu pembangkit yang lebih efisien, efektif dan handal dalam mensuplai kebutuhan energi listrik baik sebagai penerangan rumah atau kebutuhan peralatan listrik yang lain seperti TV, pompa air, strika listrik serta kebutuhan industri kecil. Dengan adanya kombinasi dari sumber-sumber energi tersebut, diharapkan dapat menyediakan catu daya listrik yang kontinyu dengan efisiensi yang paling optimal.

Artikel tentang Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid diambil dari berbagai sumber yang mudah-mudahan bisa menjadi tambahan informasi dimana pemanfaatan energi terbarukan sangatlah luas dan terbuka hanya bagaimana kita bisa memanfaatkannya.

Lihat yang terkait:

error: Content is protected !!