Mengenal Pompa Air Tenaga Surya

Mengenal Pompa Air Tenaga Surya

Pompa Air Tenaga Surya – Berbicara perihal pompa air tenaga surya di Indonesia tak lepas dari persoalan negara kita dalam menyediakan ketersediaan air bersih dimana sepanjang tahun banyak wilayah di nusantara mengalami masalah ketersediaan air. Pada musim penghujan di daerah-daerah yang mengalami banjir kerap mencemari air bersih. Air bersih merupakan sumber daya berbasis air yang bermutu baik dan biasa dimanfaatkan oleh manusia untuk dikonsumsi atau untuk kegiatan sehari-hari.

Dikutip dari antaranews.com, Indonesia menurut badan dunia UNICEF dan WHO termasuk dalam 10 negara yang sebagian penduduknya tidak mempunyai akses ke sumber air minum. Ke-10 negara itu adalah Tiongkok (jumlah penduduk yang mengalami masalah dengan ketersediaan air bersih mencapai 108 juta), India (99 juta), Nigeria (63 juta), Ethiopia (43 juta), Indonesia (39 juta), Republik Demokratik Kongo (37 juta), Bangladesh (26 juta), Republik Tanzania (22 juta), Kenya (16 juta), dan Pakistan (16 juta).

Kita tidak bisa serta merta menyalahkan sumber daya manusia atau berbicara geografis wilayah dan seterusnya karena secara logika juga di mana pun wilayah pasti ada pemerintah di situ, sekecil apa pun komunitasnya pasti ada pemerintah di situ. Pemerintah harus terus berupaya menjamin akses air yang memadai bagi masyarakat, salah satunya dengan pembangunan infrastruktur sehingga air dapat tersalur hingga ke tempat tinggal warga bahkan di tempat terpencil sekalipun.

Dengan meningkatkan infrastruktur penyaluran air, akses air dapat dimiliki seluruh warga negara Indonesia untuk kebutuhan sehari-hari sehingga tidak ada lagi daerah yang mengalami krisis air. Pemerintah di setiap daerah memiliki tanggung jawab untuk terus mendorong masyarakat memperoleh hidup layak dengan ketersediaan air bersih khususnya untuk konsumsi.

Pemanfaatan Pompa Air Tenaga Surya

Air adalah kebutuhan paling dasar yang sangat penting peranannya dalam kehidupan manusia. Kebutuhan masyarakat akan air sering menjadi hambatan terutama pada daerah yang sulit mendapatkan suplai Bahan Bakar Minyak (BBM) ataupun ketiadaan jaringan listrik PLN. Teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dapat membantu dalam mengatasi hambatan tersebut.

Pemanfaatan Pembangkit Tenaga Listrik Tenaga Surya untuk menggerakan pompa air sangatlah ideal karena dapat saling melengkapi, dimana saat musim kemarau kebutuhan air akan tinggi sebanding dengan intensitas cahaya matahari juga. Sehingga dengan adanya pompa air tenaga surya ini, dapat membantu masyarakat mendapatkan air dari sumber air yang tersedia.

Pemanfaatan Pompa Air Tenaga Surya

 

Dengan teknologi PLTS semoga menjadi salahsatu alternatif solusi memenuhi kebutuhan ketersediaan air bersih di negeri nusantara ini. Dan peran aktif masyarakat serta pihak terkait sangatlah penting untuk terwujudnya PLTS Pompa Air ini.

Sumber:

  • http://www.antaranews.com/berita/486618/air-bersih-negeriku
  • Image Feature by blog.pumpkart.com

Lihat yang terkait:

error: Content is protected !!