Macam – macam aplikasi panel surya

Macam – macam aplikasi panel surya

Macam – macam aplikasi panel surya – Panel surya adalah alat yang terdiri dari sel surya yang dirangkai secara seri atau paralel sesuai kebutuhan dimana berfungsi untuk mengubah cahaya menjadi listrik. Panel surya yang dirangkai secara seri biasa disebut string dan bila dirangkai secara paralel disebut array.

Energi matahari yang merupakan kombinasi dari cahaya dan panas yang dihasilkan oleh matahari. Energi ini bergerak dari matahari dan mencapai bumi di mana manusia mengumpulkan melalui kolektor surya dan mengubahnya menjadi bentuk energi yang diinginkan. Menurut asumsi sumber energi terbarukan ini cukup kuat untuk menggantikan kebutuhan listrik yang kita dapatkan dari 650 barel minyak per tahun.

Beberapa Aplikasi Panel Surya

pembangkit listrik: Dalam pembangkit listrik konvensional sumber energi non-terbarukan digunakan untuk merebus air dan bentuk aliran sehingga turbin bisa berputar dan air untuk menghasilkan listrik. Tapi dengan penerapan energi panas matahari bisa merebus air untuk membuat uap dan memutar turbin. Panel Surya mengkonversi sinar matahari menjadi listrik tenaga surya, menggunakan teknologi fotolistrik dan teknologi termoelektrik dll.
Rumah: Penggunaan energi matahari meningkat di rumah juga. peralatan rumah tangga dapat dengan mudah menggunakan listrik yang dihasilkan melalui tenaga surya. Selain energi surya ini menjalankan pemanas surya untuk memasok air panas di rumah-rumah. Melalui sel fotovoltaik dipasang di atap rumah, energi ditangkap dan disimpan pada baterai agar bisa digunakan sepanjang hari di rumah untuk tujuan yang berbeda.
penggunaan komersial: Pada atap-atap bangunan yang berbeda kita dapat menemukan modul PV kaca atau jenis lain dari panel surya. Panel surya ini digunakan untuk memasok listrik ke kantor yang berbeda atau bagian lain dari bangunan dengan cara yang handal. Panel ini mengumpulkan energi surya dari matahari, mengubahnya menjadi listrik dan memungkinkan kantor untuk menggunakan daya listrik mereka sendiri untuk tujuan yang berbeda.
sistem ventilasi: Banyak tempat energi matahari digunakan untuk tujuan ventilasi. Ini membantu dalam menjalankan fan mandi, kipas lantai, dan kipas langit di gedung-gedung. Kipas Angin beroperasi hampir setiap kali di sebuah bangunan untuk mengontrol kelembaban,bau dan di rumah untuk membuang panas dari dapur. Hal ini dapat menambahkan jumlah berat pada tagihan listrik, energi surya menjadi alternatif untuk mengurangi tagihan listrik dari penggunaan untuk tujuan ventilasi.
pompa power: tenaga surya tidak hanya membantu dalam meningkatkan sistem ventilasi di rumah Anda, tetapi dengan itu juga dapat membantu dalam sirkulasi air dalam bangunan apapun. Anda dapat menghubungkan pompa listrik dengan unit catu daya surya tetapi Anda harus menjalankannya pada arus DC sehingga air beredar di seluruh rumah Anda.
Lampu Penerangan Tenaga Surya: lampu ini juga dikenal sebagai pencahayaan hari, dan bekerja dengan bantuan tenaga surya. Lampu ini menyimpan energi alami matahari di siang hari dan kemudian mengubah energi ini menjadi listrik untuk menerangi di malam hari. Penggunaan sistem ini mengurangi bentuk beban pembangkit listrik lokal.
Mobil surya: itu adalah sebuah kendaraan listrik yang diisi ulang bentuk energi surya atau sinar matahari. panel surya yang digunakan pada mobil ini yang menyerap cahaya dan kemudian mengubahnya menjadi energi listrik. energi listrik ini disimpan dalam baterai yang digunakan dengan mobil, sehingga dalam waktu malam juga kita dapat mengendarai kendaraan ini.

Demikian sebagian macam-macam aplikasi panel surya yang sudah banyak diterapkan, ini adalah aplikasi yang paling umum dari energi surya yang kita bisa melihat dalam kehidupan kita sehari-hari. Sebagai industri surya tumbuh lebih beragam aplikasi diharapkan akan terlihat di masa depan.

Sumber:
www.solarpowernotes.com/solar-energy-applications.html
image by adlergroup.in

Lihat yang terkait:

error: Content is protected !!