Lampu Jalan Solar Cell

Lampu Jalan Solar Cell

Lampu jalan solar cell merupakan lampu jalan tenaga surya dimana lampu jalan ini dapat menyala dan memancarkan cahaya penerangan dengan cara memanfaatkan energi  cahaya matahari yang dikonversi menjadi energi listrik. Solar cell atau sel surya pada dasarnya adalah suatu elemen aktif yang berfungsi mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Indonesia merupakan negara yang dilalui oleh garis khatulistiwa, sehingga akan menerima panas matahari yang lebih banyak dibandingkan dengan negara di belahan bumi lainnya. ini menjadikan Indonesia sebagai Negara yang memiliki potensi sangat besar untuk mengembangkan pembangkit listrik bertenaga surya.

Seiring dengan berjalannya waktu, berbagai teknologi dan instalasi sel surya mulai banyak dikembangkan. Berbagai produknya juga telah diaplikasikan di banyak sektor, termasuk diantaranya adalah penerangan lampu jalan tenaga surya. Selain sangat ramah lingkungan dan efisien, lampu jalan tenaga surya ini juga terbukti mampu memberikan penerangan dengan kualitas tinggi. Lampu jalan tenaga surya saat ini telah banyak diaplikasikan di berbagai daerah di Indonesia, bukan hanya untuk daerah-daerah yang jauh dari jangkauan listrik saja, tetapi juga di berbagai kota besar, karena selain untuk tujuan efisiensi, dari segi penampilan lampu jalan solar cell ini juga sangat menarik, modern dan futuristik.

Bahan sel surya sendiri terdiri dari kaca pelindung dan material adhesive transparan yang melindungi bahan sel surya dari lingkungan. Material anti-refleksi berfungsi untuk menyerap lebih banyak cahaya dan mengurangi jumlah cahaya yang dipantulkan. Sel surya merupakan suatu pn junction dari silikon kristal tunggal. Dengan menggunakan photo-electric effect dari bahan semikonduktor, dimana sel surya dapat langsung mengkonversi sinar matahari menjadi listrik searah (DC).

Adapun cara kerja Solar Celll adalah sebagai berikut. Ketika sel surya mendapat atau menerima cahaya matahari, maka akan timbul elektron dan hole. Elektron dan hole yang timbul pada sekitar pn junction kemudian bergerak berturut-turut ke arah lapisan n dan ke arah lapisan p. Pada saat elektron dan hole tersebut melintasi pn junction, akan timbul beda potensial pada kedua ujung sel surya. Apabila pada kedua ujung sel surya diberi beban, akan timbul arus listrik yang mengalir melalui beban tersebut. Sampai dengan hari ini, sel surya masih menjadi salah satu teknologi pembangkit listrik yang efisien bagi sumber energi alternatif masyarakat untuk masa depan. Untuk menyimpan energi listrik yang di hasilkan sell surya, digunakan baterai dengan Ampare hour yang cukup tinggi, karena untuk dapat menghidupkan lampu 10 watt saja selama 1 malam idealnya membutuhkan baterai 12 V / 10 A. sedangkan untuk mengubah tegangan DC 12 V dari batery menjadi 220 AC dibutuhkan inverter dan untuk hasil yang lebih baik gunakan inverter yang menghasilkan gelombang sinus.

Lampu jalan sel surya memang terbukti memiliki banyak sekali keunggulan, selain sangat ramah lingkungan dan hemat energi, lampu jalan ini juga terbukti dapat memberikan penerangan yang sangat maksimal. Apalagi saat ini juga dikembangkan berbagai jenis lampu jalan, seperti misalnya lampu jalan jenis LED yang lebih efisien serta menghasilkan pencahayaan maksimal. ini merupakan perpaduan yang sangat tepat untuk mendapatkan lampu jalan yang ramah linkungan, efisien, memberikan penerangan maksimal serta desain yang estetis,karena beberapa jenis lampu jalan solar cell didesain sangat modern dengan berbagai variasi bentuk, baik lampu maupun tiang penyangga yang digunakan.

Lihat yang terkait:

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!