Baterai Tahan Lama

Baterai Tahan Lama

Baterai tahan lama- Baterai atau aki merupakan media penyimpan energi yang diisi oleh aliran DC dari panel surya. Selain untuk menyimpan tenaga DC, aki juga berfungsi mengubah energi kimia menjadi aliran listrik. Tanpa menggunakan aki, suplai aliran listrik sumber surya ke alat-alat pemakaian listrik akan berhenti pada malam hari atau ketika sinar matahari tidak ada. Supaya nyala komponen elektronik tahan lama dari pengisian dan pengeluaran arus listrik yang tak terputus, umumnya digunakan jenis baterai deep-cycle pada system surya.

Baterai juga memiliki kapasitas penyimpanan yang bervariasi mulai dari yang kecil hingga besar. Sehingga dalam pemilihan dan pengunaannya harus disesuaikan dengan kebutuhan. namun demikian, menggunakan jenis baterai tahan lama sangat penting, karena baterai yang demikian ini akan membantu Anda untuk bisa mendapatkan manfaat lebih lama. Namun sayangnya tidak semua jenis baterai memiliki fitur ltahan lama, bahkan beberapa jenis baterai berkapasitas besar pun tidak dapat digunakan dalam waktu lama. Sebelum memutuskan untuk memilih dan menemukan jenis baterai tahan lama, berikut ini adalah beberapa jenis baterai deef-cycle yang harus Anda ketahui:

  1. Baterai deep-cycle Marine

Pada dasarnya ini merupakan jenis baterai yang digunakan untuk aplikasi yang kecil dan sederhana seperti misalnya untuk penggunaan di kapal layar dan perkemahan.

  1. Baterai deep-cycle Lead Acid

Baterai deep-clean jenis ini memiliki kepingan internal yang tebal dan banyak digunakan oleh industri-industri berat. Baterai jenis ini dapat tahan lama sampai bertahun-tahun. Baterai Lead Acid ini akan mengeluarkan gas sewaktu pengisian arus DC berlaku. Maka untuk keselamatan, dalam penggunaan aki jenis ini harus ditempatkan diluar bangunan dan dipasang oleh ahli yang kompeten.

  1. Baterai Sealed Gel

Ini merupakan jenis baterai deep-cycle yang tidak menguapkan gas ketika proses pengisian berlangsung. Oleh karena itu  baterai jenis ini sangat cocok dipakai di dalam bangunan.

  1. Baterai Absorbed Glass Mat (AGM)

Ini adalah jenis baterai anti bocor dan mempunyai kinerja yang sangat tinggi. Jenis aki ini boleh dikatakan adalah yang terbaik untuk diterapkan pada sistem surya industri berat. Kualitas aki AGM juga sangat bagus dan bisa tahan lama.

Dari berbagai jenis baterai diatas, Anda akan lebih mengenal dan mengetahui bagaimana spesifikasi masng-masing jenis baterai, kesesuaiannya dengan tujuan penggunaan dan juga kinerja atau usia baterai. Sebagaimana dijelaskan diatas, bahwa untuk mendapatkan jenis baterai yang tahan lama, maka jenis baterai AGM adalah yang paling direkomendasikan. Jenis aki ini sudah banyak diaplikasikan pada sistem pembangkit listrik tenaga surya, termasuk diantaranya adalah untuk lampu jalan tenaga surya.

Setiap developer sistem tenaga surya memiliki keunggulan dan kriteria berbeda antara satu dengan lainnya. hal ini juga akan berdampak pada kualitas produk yang dihasilkannya. Maka untuk mendapatkan produk atau sistem tenaga surya yang berkualitas, memiliki usia pakai yang lama dan berkapasitas besar, sangat penting untuk memastikan bahwa produk atau sistem tersebut juga didukung dengan baterai yang mumpuni. Karena baterai akan menyimpan tenaga DC yang nantinya akan dimanfaatkan untuk mengoperasikan peralatan tertentu khususnya saat malam hari atau pada saat-saat tertentu dimana tidak ada sinar matahari. Baterai tahan lama membantu Anda untuk bisa mengoperasikan peralatan tertentu lebih lama bahkan meki tidak ada sumber energy listrik yang mumpuni. Selain kapasitas dan usia pakai yang lebih lama, dalam pemilihan baterai juga sebaiknya disesuaikan dengan sistem yang akan digunakan dan juga kebutuhan atau tujuan penggunaanya.

Lihat yang terkait:

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!