Lampu Jalan LED Tenaga Surya

Lampu Jalan LED Tenaga Surya

Pemanfaatan Solar Panel atau Lampu tenaga surya dirasa sangat penting sebagai energi alternatif. Ini karena kebutuhan energi semakin lama semakin meningkat ditambah lagi dengan cadangan sumber daya bumi yang semakin menipis. Jumlah bahan bakar minyak sangat terbatas dan tidak dapa diperbarui, apabila terus digunakan tentu akan habis.

Saat ini berbagai upaya dilakukan untuk menemukan sumber pembangkit listrik alternative, termasuk diantaranya adalah dengan memanfaatkan tenaga surya. Lampu jalan tenaga surya merupakan terobosan terbaru dalam dunia teknologi penerangan dimana penerangan ini tidak menggunakan jaringan listrik PLN, melainkan dengan memanfaatkan dan mengolah energi matahari menjadi energi listrik. Memang pembangkit listrik tenaga matahari saat ini terus dikembangkan, karena memiliki potensi yang sangat besar. Khususnya di Indonesia dimana ini merupakan salah satu Negara yang dilalui oleh garis ekuator sehingga membuatnya mendapatkan lebih banyak sinar matahari. Pembangkit listrik tenaga surya saat ini telah diaplikasikan dalam sistem penerangan jalan khususnya untuk daerah perkebunan, pertambangan, taman kota, stadion olahraga, pedesaan yang belum terjangkau oleh PLN.

Lampu jalan LED tenaga surya menggunakan daya yang lebih sedikit dan efisien jika dibandingkan dengan jenis lampu jalan lainnya. Lampu jalan ini juga hanya disuplai dari energi matahari yang diterima solar modul menjadi listrik dan disimpan di baterai sehingga tidak memerlukan suplai dari PLN. Ini berarti Anda tidak perlu lagi membayar biaya listrik PLN setiap bulannya. Selain lebih ekonomis, menggunakan Lampu jalan tenaga surya berbasis LED ini juga memiliki banyak sekali keunggulan, diantaranya tidak memerlukan kabel listrik, sangat lebih mudah karena tidak menggunakan kabel, daya tahan modul solar panel dan LED, bersifat mandiri, karena tanpa jaringan tenaga listrik, tanpa perawatan dan mudah dipindahkan.

Harus diakui bahwa energi listrik yang berasal dari energi surya yang dimanfaatkan saat ini belum sebesar energi listrik yang berasal dari bahan bakar minyak. Karena itu harus terus dilakukan berbagai upaya pembembangan karena selain jumlahnya yang sangat banyak bahkan tidak terbatas, khususnya di Negara tropis seperti Indonesia, tenaga surya ini juga relatif lebih murah hemat ramah lingkungan dan mudah diaplikasikan.

Prinsip kerja dari lampu jalan tenaga surya berbasis LED ini sangat sederhana. Lampu jalan ini terdiri dari lampu LED, panel surya fotovoltaik dan baterai. Saat siang hari dan panas terik, panel surya akan menerima cahaya matahari sebanyak dan selama mungkin, kemudian mengkonversi cahaya tersebut menjadi energi listrik. Energi listrik ini akan disimpan di dalam baterai untuk kemudian menyalakan lampu pada malam hari. Batas waktu menyala berkisar 8-10 jam tergantung seberapa besar kapasitas baterai dan serapan energi matahari.

Lampu jalan tenaga surya ini juga bersifat otomatis, menyala pada sore atau malam hari dan mati ketika pagi hari. Sehingga lebih praktis dan tidak membutuhkan operator khusus. sampai dengan hari ini lampu jalan LED enaga surya sendiri telah diaplikasikan untuk berbagai tujuan penggunaan.

Lihat yang terkait:

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!