Lampu Jalan Tenaga Surya

Lampu Jalan Tenaga Surya

Lampu jalan tenaga surya merupakan lampu penerangan jalan yang bekerja dan beroperasi menggunakan tenaga surya sebagai sumber listriknya. Karena menggunakan tenaga surya, lampu ini dapat dioperasikan atau menyala tanpa tenaga listrik dari PLN. Selain itu lampu penerangan jalan ini juga tidak membutuhkan kabel listrik sehingga sangat praktis, instalasinya sangat mudah dan juga lebih menarik dari segi estetika. Ini membuat lampu jalan tenaga surya ini semakin diminati dan banyak digunakan, baik untuk penerangan jalan maupun lampu taman. Selain memiliki desain yang sempurna, lampu tenaga surya ini juga tentu lebih ekonomis dan ramah lingkungan. Kehadiran lampu jalan tenaga surya ini juga tentu akan menjadi kabar yang sangat menyenangkan terutama untuk mereka yang tinggal di daerah yang jauh dari jangkauan listrik bahkan di daerah yang belum mendapatkan aliran listrik PLN. Karena kini semua dapat menikmati penerangan dari lampu jalan, sehingga akan memberikan kenyamanan dan keamanan lebih dalam beraktivitas atau melakukan perjalanan, terutama di malam hari.

Lampu jalan tenaga surya sendiri hadir dengan berbagai fitur menarik, termasuk diantaranya adalah daya tahan perangkat panel surya atau solar cell dan lampu LED yang lebih tinggi, dapat diaplikasikan tanpa jaringan kabel listrik, tidak merusak fasilitas dengan penggalian kabel, instalasi sangat mudah dan tentu saja lebih ekonomis karena lampu jalan tenaga surya ini tidak menggunakan listrik PLN yang harus dibayar setiap bulannya, melainkan menggunakan tenaga matahari yang bisa didapatkan dengan sangat mudah dan gratis tentunya.

Dari segi desain dan fitur, lampu penerangan jalan bertenaga matahari sendiri sangat bervariasi misalnya dari segi ukuran dan ketinggian, mereka mempunyai ketinggian tiang yang berbeda-beda, mulai dari 5 m hingga 14 m. demikian juga dengan jenis lampu yang digunakan, untuk mengakomodasi penghematan energi dari penggunaan lampu penerangan jalan bertenaga surya yang hemat energi dengan lifetime yang lama, teknologi LED menjadi pilihan yang paling direkomendasikan. Lampu jenis LED ini memiliki daya tahan atau usia pakai mencapai 50.000 jam dengan sumber daya DC, ini jauh lebih tinggi jika bandingkan dengan lampu hemat energi AC bahkan dari merk-merk terbaik sekalipun yang umumnya mereka hanya dapat bertahan beberapa ribu jam saja dengan pemakaian daya yang lebih besar.

Lampu jalan tenaga surya memiliki banyak sekali keunggulan bahkan hal ini dapat menjadi satu-satunya pilihan pada kondisi-kondisi tertentu, seperti misalnya untuk penggunaan di daerah yang belum terjangkau oleh listrik. Umumnya, penerangan di daerah seperti ini lebih mengandalkan lampu minyak atau petromak yang tentu saja hal ini sangat tidak efisien, karena cahaya yang dihasilkan  tidak maksimal dan dari segi keamanan sangat tidak memadai. Meskipun tujuan utamanya adalah untuk memberikan penerangan pada jalan-jalan di daerah yang jauh dari jangkauan listrik, namun saat ini lampu jalan tenaga surya ini nampaknya telah menjadi pilihan favorit dan menggantikan jenis lampu jalan konvensional yang menggunakan tenaga listrik dari PLN. Ini terbukti dengan semakin tingginya angka penggunaan lampu jalan bertenaga surya  baik di daerah, di desa maupun di kota-kota besar bahkan hingga aplikasi penggunaan lampu taman. Jadi untuk Anda yang masih bingung menentukan jenis lampu penerangan jalan, jenis apakah yang paling tepat untuk diaplikasikan, dengan pertimbangan efisiensi dan estetika, maka lampu jalan tenaga surya merupakan pilihan yang paling tepat.

Lihat yang terkait:

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!