Lampu Penerangan Umum Tenaga Surya

Lampu Penerangan Umum Tenaga Surya

Lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya  merupakan lampu penerangan jalan yang bekerja dengan cara memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya. Karena dioperasikan tenaga surya dan tidak membutuhkan energi listrik PLN, maka lampu penerangan jalan umum tenaga surya ini sangat cocok digunakan untuk jalan-jalan di daerah-daerah yang belum terjangkau listrik PLN maupun daerah-daerah yang mengalami krisis energi listrik. Meski demikian, lampu penerangan jalan umum tenaga surya, kini telah banyak diaplikasikan di daerah perkotaan mulai dari penerangan di jalan-jalan utama, perumahan, tempat parkir, pompa bensin (SPBU), taman kota dan sebagainya.

Lampu Penerangan Jalan umum Tenaga Surya merupakan salah satu sumber penerangan jalan alternatif yang sangat efisie karena memanfaatkan  sumber energi matahari yang gratis dan tak terbatas yang berasal dari alam.  Dengan demikian, pengguna tidak perlu lagi memikirkan biaya listrik bulanan yang harus dibayar. Lampu penerangan jalan umum tenaga surya ini dilengkapi Panel Surya yang memiliki lifetime hingga 25 tahun dan berfungsi menerima cahaya matahari sebanyak mungkin yang kemudian diubah menjadi energi listrik melalui proses photovoltaic. Lampu ini akan menyala secara otomatis pada sore hari dan padam pada pagi hari, sehingga pengguna tidak perlu repot menyalakan dan mematikan lampu. Selain itu lampu penerangan jalan umum tenaga surya ini sangat mudah untuk diaplikasikan serta mudah perawatannya.

Jenis Lampu yang banyak digunakan pada sistem penerangan jalan umum tenaga surya adalah Lampu LED yang memiliki karakteristik sangat terang, hemat energi dan juga tahan lama. Jika dibandingkan dengan lampu jenis lainnya, lampu LED ini sangat efisien dan ekonomis dengan masa pemakaian Lampu yang lebih lama yakni dapat mencapai 50.000 jam dengan sumber daya DC. Baterai yang digunakan adalah baterai bebas perawatan sehingga sangat praktis dan juga tidak merepotkan. Yang tidak kalah menarik dari penggunaan lampu penerangan jalan umum tenaga surya ini adalah bahwa tenaga surya dapat beroperasi secara mandiri dan tidak memerlukan kabel jaringan antar tiang sehingga installasinya menjadi sangat mudah dan dapat terhindar dari black out total apabila terjadi gangguan.

Secara keseluruhan sistem ini dirancang untuk penyediaan cahaya penerangan umum dengan sumber energi terbarukan, bebas biaya perawatan dengan lifetime yang lebih lama. Dengan sistem pemasangan yang cepat dan mudah, serta nilai efisiensi yang diberikan, menjadikan lampu penerangan jalan umum Tenaga Surya ini sebagai solusi yang tepat dalam mengatasi kebutuhan penerangan jalan umum, terutama untuk daerah yang belum terjangkau oleh listrik. Tentu saja ini merupakan kabar sangat bagus, terutama untuk mereka yang tinggal di daerah tanpa listrik, karena kini mereka dapat menikmati penerangan jalan umum dan beraktivitas lebih optimal, terutama di malam hari.

Dari berbagai uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa lampu penerangan jalan umum tenaga surya ini merupakan pilihan paling tepat karena berbagai pertimbangan seperti terang dan tahan lama, sangat efisien dan hemat energi, ramah lingkungan, bebas polusi, cepat dan mudah instalasinya, mudah perawatannya, Life time yang lama dan sangat cocok untuk diaplikasikan diberbagai tempat seperti misalnya di Jalan umum, Lampu taman, Lampu penerangan daerah wisata, Lampu dermaga, Lampu lapangan parkir, Lampu jalan raya terpencil, Lampu jalan pedesaan, Lampu lapangan olah raga, Lingkungan perumahan, Area SPBU, Area pabrik, Daerah pegunungan, Daerah pantai dan berbagai tempat lain yang memungkinkan untuk diaplikasian lampu penerangan umum tenaga surya.

Lihat yang terkait:

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!