Lampu Jalan Tenaga Matahari

Lampu Jalan Tenaga Matahari

Lampu jalan tenaga matahari saat ini semakin marak digunakan, baik di daerah yang jauh dari jangkauan listrik maupun di kota-kota besar yang sebenarnya mendapatkan cukup listrik. Sebagaimana namanya, lampu tenaga matahari ini hanya disuplai dari energi matahari yang diterima solar modul menjadi listrik dan disimpan di baterai sehingga tidak memerlukan suplai dari PLN sama sekali. Ini juga berarti bahwa penggunaan lampu jalan ini tidak perlu lagi mengeluarkan biaya listrik bulanan. Penggunaan lampu jalan, khususnya lampu jalan berbasis LED memang terbukti menggunakan daya yang lebih sedikit dan efisien dibandingkan dengan jenis lampu lainnya.

Ada banyak sekali keunggulan yang ditawarkan oleh lampu tenaga matarhari ini, diantaranya adalah instalasinya yang sangat mudah karena tidak memerlukan kabel listrik. Sehingga sangat cocok untuk daerah yang jauh dari jangkauan listrik. Instalasi menggunakan kabel listrik menjadi tidak ekonomis karena harga kabel sendiri yang tidak murah, apalagi untuk kebutuhan jarak jauh yang tentu saja akan semakin banyak pula jumlah kabel yang dibutuhkan. Selain itu, lampu tenaga matahari ini juga sangat ramah lingkungan karena tidak menghasilkanlimbah atau polusi sama sekali. Saat ini ada banyak sekali jenis lampu jalan bertenaga matahari yang terus dikembangkan, dimana masing-masing jenis menawarkan keunggulan baik dari segi fitur maupun stabilitasnya. Maka tidak heran jika kemudian pengguna lampu jalan tenaga matahari pun semakin banyak. ada beberapa pertimbangan penting yang kemudian menjadikan lampu jalan bertenaga matahari ini sebagai pilihan, diantaranya adalah:

  1. Daya tahan modul solar panel dan LED yang lebih tinggi
  2. Bersifat mandiri, tanpa jaringan PLN
  3. Menggunakan energi matahari yang jumlahnya melimpah dan bisa didapatkan secara gratis
  4. Tidak perlu merusak untuk membangun jaringan listrik, karena bisa dipasang tanpa kabel
  5. Instalasinya yang sangat mudah
  6. Tanpa perawatan
  7. Mudah dipindahkan

Selain untuk penerangan jalan umum, lampu jalan bertenaga matahari ini juga bisa diaplikasikan untuk berbagai tempat seperti misalnya untuk lampu taman, lampu dermaga, lampu jalan raya terpencil, lampu lapangan parkir, lampu penerangan wisata, lampu jalan perkebunan, lampu jalan pedesaan, lampu jalan pertambangan dan sebagainya.  Sistem lampu jalan tenaga surya sangat cocok untuk daerah tertinggal dan daerah krisis energi.

Seperti halnya pada penggunan lampu jalan jenis lainnya, dapat memilih dan mengaplikasikan lampu jalan bertenaga matahari ini juga harus diperhatikan beberapa poin penting seperti ketinggian tiang lampu. Sesuaikan ketinggian lampu (tinggi lampu 4 – 8 meter) dengan tingkat keterangan lampu yang dibutuhkan, misalnya tiang lampu 4 meter menggunakan lampu jalan led 10 watt, tiang lampu 6 meter menggunakan lampu jalan led 20 watt, tiang lampu 7 meter menggunakan lampu jalan led 30 watt dan tiang lampu 8 meter menggunakan lampu jalan led 40 watt. Sebaiknya juga didukung dengan solar panel sesuai dengan daya lampu led yang di perlukan dan perhatikan juga kualitas solar panel dengan produk bergaransi pabrikan.

Penerangan Jalan Tenaga matahari merupakan sebuah alternatif yang murah dan hemat untuk digunakan sebagai sumber listrik penerangan karena menggunakan sumber energi gratis dan tak terbatas dari alam yaitu energi matahari. Selain itu lampu jalan tenaga matahari juga sangat cocok untuk diaplikasikan di berbagai lingkungan maupun kota maupun desa, selama area tersebut mendapatkan cukup suplai sinar matahari.

Lihat yang terkait:

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!