Solar Name System

Solar Name System

Solar name system- Sistem Energi Surya adalah salah satu dari energi terbarukan yang hari ini terus dikembangkan untuk dapat dimanfaatkan secara masal dan optimal. Matahari adalah energi yang dijumpai dalam sistem galaksi. Matahari ini menghasilkan energi yang dikumpulkan langsung dari cahaya matahari. Energy dari matahari inilah yang dikemudian dimanfaatkan sebagai energy pembangkit listrik yang saat ini telah banyak diaplikasikan dalam berbagai sector, baik untuk memenuhi kebutuhan energy listrik rumah tangga maupun industry.

Penggunaan listrik fosil tidak bisa diandalkan untuk masa depan, karena jumlahnya yang sangat terbatas dan juga tidak bisa diperbarui. Sehingga apabila digunakan secara terus menerus maka akan habis. Apabila sumber listrik fosil ini sudah habis dan tidak ditemukan penggantinya, itu berarti manusia di dunia ini harus bersiap untuk hidup tanpa listrik. Ya, tidak ada listrik, tidak ada cahaya lampu, tidak ada televisi, tidak ada lemari pendingin, tidak ada ac dan semua peratalan elektronik lainnya. karena manusia tidak bisa hidup tanpa listrik, sehingga berbagai upaya untuk menemukan sumber energy listrik baru terus dilakukan. menggunakan PLTS atau pembangkit listrik tenaga surya adalah salah satu upaya yang hingga saat ini masih terus dikembangkan.

Tenaga surya sebagai pembangkit listrik sendiri sebenarnya bukanlah hal yang baru, ini bahkan sudah dikembangkan sejak puluhan tahun silam. Di luar negeri juga bahkan sudah banyak diaplikasikan untuk perumahan. Demikian juga di Indonesia yang hingga saat ini masih terus berupaya untuk mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya. Sampai dengan hari ini sudah berbagai produk dan peragkat bertenaga listrik yang diciptakan, diantaranya adalah solar name system. Pada dasarnya Solar Name System adalah bentuk applikasi dari tenaga surya, pembangkit listrik tenaga surya yang konsepnya sederhana. Yaitu mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Sumber daya alam matahari sudah banyak digunakan untuk memasok daya listrik di satelit komunikasi panel surya. Panel surya ini dapat menghasilkan energi listrik dalam yang tidak terbatas. Sumber energy listrik ini langsung diambil dari matahari, tanpa ada bagian yang berputar dan tidak memerlukan bahan bakar. Sehingga sistem sel surya sering dikatakan bersih dan ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi atau limbah. Tidak hanya itu saja, karena diperoleh langsung dari sinar matahari, sumber listrik ini juga sangat terjangkau, karena sinar matahari jumlahnya berlimpah dan bisa didapatkan secara gratis. Apalagi di Indonesia yang merupakan Negara tropis dimana cahaya matahari sangat berlimpah disini. Maka ini akan menjadi potensi yang sangat besar untuk Indonesia dalam mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya.

Sistem sel surya yang digunakan dipermukaan bumi terdiri dari panel surya, rangkaian kontroler pengisian dan aki 12 Volt yang maintenance free. Panel surya merupakan modul yang terdiri dari beberapa sel surya yang digabung dalam hubungkan seri dan pararel. Modul surya itu menghasilkan energi listrik yang proposional dengan luas permukaan panel yang terkena sinar matahari. Terdapat beberapa komponen utama dalam pengaplikasian solar system diantaranya adalah Solar Modul, AC Module, Controller dan Battrey. Beban listrik untuk solar name system pada umumnya hanya berupa lampu hemat energi karena untuk beban yang cukup besar panel surya belum mampu memenuhinya. Namun bukan tidak mungkin suatu saat nanti solar system ini dapat dimanfaatkan untuk memenuhi semua kebutuhan listrik manusia.

Lihat yang terkait:

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!