Efisiensi Panel Surya

Efisiensi Panel Surya

Efisiensi panel surya merupakan rasio output listrik dari panel surya untuk energi insiden dalam bentuk sinar matahari. Adapun efisiensi konversi energi dari sel surya adalah persentase energi surya untuk sel yang terkena tidak diubah menjadi energi listrik.  Sebuah sel surya beroperasi atas Tegangan dan arus. Dengan Peningkatan beban resistif pada sel iradiasi dari nol ke nilai yang tertinggi, maka sel beban dapat memberikan daya listrik maksimum pada tingkat iradiasi. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi nilai efisiensi dari konversi panel surya, diantaranya adalah efisiensi reflektansi, efisiensi pemisahan pembawa muatan, efisiensi termodinamika dan nilai-nilai efisiensi dari konduksi.

Meskipun saat ini telah dikembangkan berbagai teknologi untuk meningkatkan efisiensi dari panle surya, namun umumnya panel surya hanya memiliki efisiensi sekitar 20-30%. Ini artinya suatu panel surya hanya dapat mengkonversi sekitar 20-30% saja dari seluruh energi cahaya yang diterima oleh panel surya, sedangkan sisanya dipantulkan kembali ke udara. Ini juga berarti bahwa dalam kondisi standar, panel surya dengan luas sekitar 1 m2 dapat menghasilkan energi sekitar 200 W perjam. Tetapi ini bukan merupakan nilai patokan, sebab besarnya energy listrik yang dihasilkan juga dipengaruhi oleh intensitas cahaya matahari di tempat tersebut. Seperti misalnya untuk daerah yang memiliki paparan sinar matahari tinggi, maka mereka pun akan menghasilkan lebih banyak energy listrik yang dapat mencapai 3000 W.

Untuk meningkatkan efisiensi panel surya, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya adalah dengan meningkatkan intensitas cahata matahari, dengan demikian, maka typically photogenerated carriers yang dihasilkan juga akan meningkat yang mana peningkatan efisiensinya dapat mencapai 15%. Adapun untuk peningkatan intensitas cahaya matahari, biasanya dilakukan dengan menggunakan berkonsentrasi optik. Ini merupakan sebuah sistem konsentrator khas yang dapat menggunakan intensitas cahaya 6-400 kali matahari. Efisiensi konversi panel surya dalam kombinasi dengan iradiasi yang tersedia memiliki pengaruh besar terhadap biaya, pada umumnya efisiensi sistem secara keseluruhan sangat penting untuk dilakukan bagi mereka para pengguna panel surya. Karena dengan efisiensi yang optimal, maka hasil maksimal pun akan didapatkan.

Setiap jenis panel surya memang umumnya memiliki tingkat efisiensi yang berbeda antara satu dengan lainnya, karena itulah sangat penting untuk Anda bertindak selektif dalam memilih jenis panel surya yang akan digunakan. Ada banyak sekali pertimbangan yang sebaiknya tidak dilewatkan, karena ini akan sangat berdampak pada kualitas, efisiensi dan juga tingkat kepuasan Anda dapat penggunaan panel surya. Untuk bisa mendapatkan jenis panel surya yang terbaik dengan tingkat efisiensi tinggi, sebaiknya Anda hanya memilih dan mempercayakan kebutuhan panel surya ini pada produsen atau supplier yang professional dan terpercaya yakni mereka yang menyediakan pilihan produk berkualitas dengna pilihan bervariasi, harga terjangkau dan bersaing serta didukung juga dengan pelayanan yang professional memuaskan.

Menyesuaikan kebutuhan jenis panel surya yang akan digunakan dengan kondisi alam sekitar di lingkungan tinggal juga sangat penting. Karena bagaimanapun juga kondisi lingkungan tempat Anda tinggal akan sangat berdampak pada efisiensi dari penggunaan panel surya. Bagi Anda yang masih bingung dalam menenmukan pilihan serta melakukan efisiensi terhadap pemanfaatan panel surya, sebaiknya tidak ragu untuk melakukan konsultasi pad apenyesia panel surya. Mereka tentu akan dengan senang hari membantu Anda dalam menemukan jenis panel surya yang terbaik serta memberikan nilai efisiensi panel surya yang optimal dan sesuai dengan harapan.

Lihat yang terkait:

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!