Panel Surya Monocrystaline

Panel Surya Monocrystaline

Panel surya monocrystaline- Panel Surya merupakan sebuah perangkat yang secara khusus didesain untuk pemanfaatan pembangkit listrik tenaga matahari. Fungsi dari perangkat ini yakni untuk menangkap sinar matahari yang dipancarkan ke bumi, kemudian diproses dan dikonversikan menjadi energy listrik dan hingga akhirnya dapat dimanfaatkan untuk mengoperasikan peralatan elektronik, untuk lampu penerangan dan sebagainya. Seiring dengan perkembangan waktu, saat ini panel surya juga lebih canggih dan bervariasi. Ada banyak sekali jenis dan kapasitas panel surya yang saat ini dimanfaatkan, termasuk diantaranya adakah panel surya jenis mobocrytaline.

Monocrystalline silicon pada panel surya ini dibuat secara perlahan-lahan dengan menarik benih kristal silikon monocrystalline dari lelehan monocrystalline silikon menggunakan metode Czochralski yang kemudian akan membentuk ingot silikon. Benih kristal adalah sepotong kecil silikon yang digunakan sebagai dasar untuk molekul cair. Molekul cair ini kemudian dapat terhubung antara satu dengan lainnya secara lebih cepat untuk membentuk ingot. Ingot kemudian berputar perlahan-lahan dan suhu diturunkan perlahan. Dari proses ini kemudian membentuk silinder hingga memiliki diameter yang tepat yaitu ketika suhu tetap konstan. Proses pembentukan panel surya jenis monocrystaline ini memang lebih rumit, namun hasil didapatkan lebih sempurna dan optimal. Inilah alasan kemudian panel surya jenis ini memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis panel surya lainnya untuk kapasitas Wp yang sama. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena harga yang lebih tinggi ini pun diikuti dengan kualitas dan stabilitas yang lebih tinggi pula. Sehingga memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan manfaatkan optimal dari penggunaan panel surya ini.

Pada panel surya monocrystaline, sel monokristalin yang digunakan ini memiliki efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan sel polikristalin. Ini karena strukturnya dibuat dari satu kristal besar dibandingkan dengan polikristalin yang terdiri dari banyak yang kecil. Tidak hanya memiliki efisiensi lebih tinggi, tapi secara keseluruhan, bahkan meski berada dalam kondisi kurang cahaya matahari, seperti misalnya pada saat mendung, panel monocrystalline ini dapat bekerja hingga 10% lebih baik dibandingkan dengan panel surya polikristalin. Selain itu, dari segi efisiensi, jenis panel monocrystaline juga relative lebih minimalis jika dibandingkan dengan jenis panel surya lainnya. karenanya panel surya ini sangat direkomendasikan dan banyak digunakan oleh mereka yang memiliki bangunan rumah atau gedung tipe minimalis. Selain desainnya yang minimalis, panel monocrystaline ini juga memiliki tampilan yang lebih menarik, karena mereka memiliki warna seragam yang bagus dan memiliki bentuk sel yang lebih melingkar. Sedangkan panel surya polikristalin cenderung kotak dan memiliki inkonsistensi dalam warna seperti batu granit. Sebuah panel surya jenis monocrystaline diklaim dapat memiliki potensi untuk bertahan hingga 50 tahun, tentu ini jauh lebih panjang jika dibandingkan dengan surya panel polikristalin.

Sebagai salah satu jenis panel surya dengan nilai efisiensi yang tinggi serta tampilan futuristic, panel monocrystaline memang sangat diminati. Ini terbukti dengan tingginya permintaan pasar terhadap panel surya ini. Bagi Anda yang tertarik dan ingin memilikinya, tidak perlu khawatir, karena saat ini ada banyak sekali produsen maupun supplier panel monocrystaline. Sehingga tidak akan sulit untuk Anda bisa menemukannya. Bahkan banyak dari mereka yang menyediakan layanan online authorized, dengan demikian And apun bisa dengan mudah melakukan transaksi dan pembelian panel surya monocrystaline secara jarak jauh.

Lihat yang terkait:

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!