Panel Surya Sederhana

Panel Surya Sederhana

Panel surya sederhana- Solar panel adalah perangkat yang terdiri dari rakitan sel Photovoltaic yang fungsinya adalah untuk mengkonversi cahaya sinar matahari menjadi energy listrik, baik secara langsung dengan menggunakan photovoltaic,atau tidak langsung dengan menggunakan tenaga surya terkonsentrasi. Solar panel sebagai sistem tenaga surya didesain lebih efisien dan lebih terjangkau untuk mengambil keuntungan dari manfaat ekonomi dan lingkungan. Saat ini solar panel telah banyak diaplikasikan di berbagai tempat untuk tujuan penerapan pembangkit listrik tenaga surya. Tidak hanya digunakan di rumah-rumah, tetapi surya panel juga digunakan dalam Kawasan dan daerah terpencil yang jauh dari jangkauan listrik, untuk penerangan jalan umum, pompa air, alat pendingin dan sebagainya. bahkan aplikasinya tidak hanya untuk perangkat statis saja, tetapi diaplikasikan juga untuk perangkat yang bersifat portable.

Meskipun terlihat komplesk, namun sebenarnya rangkaian panel surya sendiri sangat sederhana. Panel surya terdiri dari cell modul untuk merubah sinar matahari menjadi listrik melalui proses aliran-aliran elektron negatif dan positif. Saat ini telah hadir banyak pilihan jenis panel surya yang beredar di pasaran, dimana masing-masing jenis panel surya ini memiliki fitur dan juga spesifikasi yang berbeda antara satu dengan lainnya. beberapa diantara jenis panel surya adalah Monokristal (Mono-crystalline), Polikristal (Poly-crystalline) dan Thin Film Photovoltaic. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari sistem surya panel, sangat penting untuk Anda melakukan perhitungan secara akurat terlebih dahulu. Perhitungan ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui jumlah kebutuhan watt dan kemudian menyesuaikannya dengna jumlah dan kapasitas dari panel surya yang akan digunakan.

Dibandingkan dengna listrik tenaga fosil, panel surya memang memiliki banyak sekali keunggulan yang diantaranya adalah panel surya sangat ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi gas sebagaimana pada energy fosil. Selain itu, pemasangan solar panel juga sangat mudah karena tidak menggunakan kabel-kabel sebagaimana pada saat pemasangan istrik PLN. Dari sefi efisiensi, panel surya sederhana juga terbukti jauh lebih efektif karena tidak menggunakan bahan bakar minyak, melainkan murni menggunakan sinar matahari. Penggunaan panel surya sangat tahan lama dengan kapasitas daya listrik dapat di tambah sesuai dengan kebutuhan.

Panel Panel surya berfungsi untuk melewati efek fotolistrik dimana bahan-bahan tertentu menciptakan aliran listrik ketika matahari bersinar. Panel surya sendiri terdiri dari kristal silikon di mana setiap setengah didopin menjadi dopan yang berbeda untuk menghasilkan sebuah semikonduktor. Pada saat matahari muncul di permukaan, maka panel surya menyediakan energi yang dibutuhkan untuk semikonduktor untuk menghasilkan arus searah (DC). Karena yang dihasilkan dari panel surya merupakan arus searah, maka untuk penggunaan perangkat elektronik rumah tangga dibutuhkan inverter yang fungsinya adalah untuk mengubah arus DC menjadi AC. Barulah sumber listrik ini dapat digunakan untuk peralatan listrik di rumah. Karena sebagian besar dari perangkat elektronik rumah tangga menggunakan arus AC.

Saat ini berbagai jenis dan kapasitas panel surya telah banyak tersedia di pasaran. Sehingga tidak sulit untuk Anda bisa menemukannya. Tidak hanya itu saja, saat ini juga ad abanyak sekali supplier panel surya yang hadir dengna memberikan berbagai penawaran menarik, mulai dari pilihan paket yang lebih lengkap dan bervariasi, harga yang bersaing serta beragam pelayanan professional memuaskan. Tentu ini akan membantu Anda untuk lebih mudah dalam memilih dan menemukan jenis panel surya sederhana yang paling sesuai dengan kebutuhan maupun budget.

Lihat yang terkait:

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!