Panel Surya untuk Rumah

Panel Surya untuk Rumah

Saat ini Panel surya sudah banyak diaplikasikan di berbagai sektor memenuhi kebutuhan akan energi listrik. Tidak terkecuali untuk perumahan. Meskipun untuk tujuan penggunaan yang berbeda, namun panel surya untuk rumah pada umumnya sama dengan panel surya lainnya dimana fungsinya adalah untuk menangkap sinar matahari, kemudian dikonversi menjadi energi listrik. Energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya ini adalah listrik arus searah (DC). Sedangkan peralatan elektronik rumah tangga umumnya menggunakan arus listrik bolak balik (AC) sehingga dibutuhkan inverter sebagai alat yang berfungsi untuk mengubah arus DC menjadi AC. Dengan demikian digunakan untuk mengoperasikan peralatan elektronik di rumah.

Sebagai negara tropis yang kaya akan cahaya matahari, panel surya memiliki peranan penting dan merupakan potensi yang sangat besar untuk terus dikembangkan. Seperti kita tahu bahwa penggunaan energi listrik berbahan bakar fosil ( batu bara ) selain tidak ramah lingkungan juga merupakan jenis sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui. Sehingga jika digunakan secara terus menerus dalam kurun waktu yang lama, maka akan habis. Itulah mengapa sinar matahari digunakan sebagai energi alternatif terbarukan terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan energi listrik manusia. Pemasangan panel surya untuk rumah terbilang ekonomis karena tidak membutuhkan lahan yang luas untuk memproduksi listrik. Umumnya, satu rumah dapat menyerap asupan energi cahaya matahari dengan panel surya berukuran kurang dari 10 meter persegi. Selain itu panel surya juga ditempatkan di atap rumah atau atap bangunan menghadap matahari sehingga tidak membutuhkan tempat khusus. Apalagi panel surya untuk rumah memiliki desain yang sangat modern dan futuristic. Sehingga tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan listrik saja, tetapi aplikasi panel surya untuk rumah membantu menjadikan rumah terlihat lebih modern dan futuristic. Sudah ada solar panel roof top berukuran 1 meter persegi yang dapat menghasilkan listrik sekitar 100 Watt setiap hari‎.

Seiring perkembangan teknologi, biaya pemasangan panel surya sebagai pembangkit listrik kian terjangkau. Tentu saja ini sejalan dengan prioritas pemerintah dan pengembang untuk menyediakan sumber listrik tenaga surya yang ekonomis dan efisien. Namun penting untuk diketahui bahwa dalam pemilihan dan aplikasi panel surya untuk rumah tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, tetapi harus disesuaikan dengan kebutuhan konsumsi listrik di rumah dengan perhitungan tertentu.

Dengan banyaknya produsen dan supplier panel surya saat ini, khususnya panel surya untuk rumah, akan sangat membantu kita dalam memilih dan menentukan jenis, type atau model panel surya yang akan kita gunakan. Tentunya sesuai dengan kebutuhan daya rumah dan anggaran yang ada.

Lihat yang terkait:

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!