Gerut Tenaga Surya

Gerut Tenaga Surya

Gerut tenaga surya- Energi surya hingga hari ini terus dikembangkan dan telah dimanfaatkan di banyak belahan dunia. Pemanfaatan tenaga surya pun sangat bervariasi, diantaranya adalah sebagai energy pembangkit listrik. Tenaga surya ini berpotensi untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumsi energi dunia saat ini dan di masa depan, tentu saja ini karena tenaga surya tersedia dalam jumlah yang berlimpah dan cenderung tidak terbatas khususnya di belahan bumi tertentu yang memang memiliki intensitas cahaya matahari lebih besar. Sehingga jika dimanfaatkan dengan tepat, maka ini akan menjadi sumber enery yang potensial. Tenaga surya dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan, termasuk diantaranya adalah untuk memenuhi kebutuhan listrik.

Sampai hari ini di berbagai Negara memang terus dikembangkan pembangkit listrik tenaga surya, tidak terkecuali juga di Indonesia. Di Indonesia sendiri pembangkit listrik tenaga surya sangat diminati, ini terbukti dengan tingginya antusiasme warga untuk memanfaatkan tenaga surya sebagai sumber pembangkit listrik. Tidak hanya itu saja, pemerintah pun berkonsisten untuk terus mengupayakan pengembangan pembangkit listrik tenaga surya, demikian juga dengan para ilmuwan dan investor. Ini terbukti dengan berbagai produk dan inovasi terbaru yang terus dihadirkan untuk menyempurnakan dan mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaan energy listrik tenaga surya. Berbagai produk maupun sistem terbaru terus bermunculan, termasuk diantaranya adalah panel surya yang sampai hari ini masih menjadi pilihan favorit bagi para pengguna tenaga surya, khususnya sebagai energy listrik.

Potensi masa depan energi surya memang sangat tidak terbatas. Ada banyak cara untuk memanfaatkan tenaga surya. Tumbuhan mengubah sinar matahari menjadi energi kimia dengan menggunakan fotosintesis. Istilah tenaga surya mempunyai arti mengubah sinar matahari secara langsung menjadi panas atau energi listrik dengan memanfaatkan berbagai perangkat, adapun bahan semi konduktor yang paling umum dipakai dalam sel photovoltaic adalah silikon, sebuah elemen yang umum ditemukan pada pasir. Semua sel photovoltaic mempunyai paling tidak dua lapisan semi konduktor seperti itu, satu bermuatan positif dan satu bermuatan negatif. Ketika cahaya bersinar dan ditangkap oleh semi konduktor, maka lading listrik menyeberang sambungan diantara dua lapisan menyebabkan listrik mengalir, membangkitkan arus DC dimana semakin kuat cahaya, maka akan semakin kuat juga aliran listriknya.

Gerut tenaga surya memiliki potensi yang sangat besar apabila dikelola dan dimanfaatkan secara tepat. Bahkan ini juga akan mampu untuk memenuhi kebutuhan energy listrik dan bahan bakar manusia dan menggantikan energy fosil yang selama ini dimanfaatkan oleh manusia. Apalagi sebagai energy yang terbatas dan tidak bisa diperbarui, energy fosil juga lama kelamaan akan habis apabila terus dimanfaatkan dan dieksploitasi oleh manusia. Ketika hal ini terjadi, maka tidak aka nada pilihan lain bagi manusia selain mencari dan menggunakan energy alternative untuk menggantikan energy fosil sebagai energy utama penopang kebutuhan listrik dan bahan bakar. Disinilah peran tenaga surya dimana energy surya ini memiliki potensi yang sangat besar sebagai energy terbarukan untuk menjadi alternative pengganti energy fosil.

Berbagai upaya terus dilakukan untuk mengembangkan tenaga surya, khususnya sebagai energy pembangkit listrik. Kerjasama yang baik antara para ilmuwan dan pengembang, para investor dan juga pemerintah terus membuahkan hasil gerut tenaga surya dan memberikan manfaat besar dalam kehidupan manusia. Ini terbukti dengan pesatnya perkembangan pembangkit listrik tenaga surya di Indonesia dalam beberapa waktu belakangan ini.

Lihat yang terkait:

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!