Panel Surya On Grid

Panel Surya On Grid

Panel surya on grid- Panel surya merupakan perangkat yang digunakan untuk pembangkit listrik tenaga surya. Ini merupakan komponen paling penting, karena fungsi dari panel surya adalah untuk menangkap sinar matahari dan kemudian mengkonversikannya menjadi energy listrik. Setelah diproses oleh panel surya inilah kemudian cahaya matahari akan dapat digunakan untuk mengoperasikan perangkat elektronik. Seiring dengan perkembangannya, saat ini da banyak sekali jenis panel surya yang ada, demikian juga dengan sistem operasinya, dalah satunya adalah on grid. Sistem PLTS OnGrid Residensial ini merupakan solusi Green Energy bagi penduduk perkotaan baik perumahan ataupun perkantoran. Sistem ini menggunakan Modul Surya untuk menghasilkan listrik yang ramah lingkungan dan bebas emisi. Dengan sistem ini, maka akan membantu untuk mengurangi tagihan listrik rumah tangga dan bahkan dapat memberikan nilai tambah pada pemiliknya. Berbeda dengan sistem off grid, sistem on grid akan tetap berhubungan dengan jaringan PLN namun tetap dengan mengoptimalkan pemanfaatan Modul Surya untuk menghasilkan energi listrik semaksimal mungkin. Ini akan menekan penggunaan listrik PLN, sehingga akan membantu Anda menghemat biaya listrik bulanan.

Pada siang hari, Modul Surya yang terpasang pada atap akan mengkonversi sinar matahari menjadi Energi listrik Arus Searah (DC). Selanjutnya sebuah komponen yang disebut Grid-inverter merubah listrik arus searah (DC) dari PV menjadi listrik arus bolak-balik (AC) yang kemudian dapat digunakan untuk mensuplai berbagai peralatan rumah tangga. karena seperti kita tahu bahwa kebanyakan dan bahkan hampir semua peralatan rumah tangga menggunakan arus bolak balik. Dengan aplikasi sistem ongrid ini, maka pada siang hari, kebutuhan energi listrik berbagai peralatan akan disuplai langsung oleh Modul Surya. Sehingga Anda tidak lagi menggunakan listrik PLN pada siang hari. Karena panel surya on grid akan mencukupi kebutuhan listrik Anda di siang hari, khususnya pada saat matahari bersinar. Sedangkan pada malam hari atau ketika matahari terhalang oleh awan, maka peralatan akan disupport oleh jaringan PLN. Sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir tentang bagaimana kebutuhan dan penggunaan listrik di malam hari atau pada saat cahaya matahari terhalang oleh awan.

Ada banyak sekali keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari pengaplikasian on grid ini, diantaranya adalah untuk mereduksi penggunaan bahan bakar fosil sehingga mengurangi polusi atau emisi bahan bakar, panel surya juga lebih bersih dan menggunakan energi gratis dari matahari sepanjang tahun, tidak memerlukan biaya operasional, pengoperasian dan perawatan sistem yang sangat mudah, on grid akan membantu menstabilkan tegangan PLN pada sisi beban dan tentunya untuk membantu mengurangi biaya tagihan listrik bulanan bahkan kelebihan Listrik yang dihasilkan PV dapat dijual kepada PLN. Sistem On Grid merupakan Teknologi yang menggunakan sel photovoltaik untuk mengubah sinar matahari menjadi energi listrik. Pembangkit listrik tenaga surya On-Grid adalah jenis PLTS yang mampu terkoneksi langsung dengan pembangkit listrik PLN. Sehingga Anda tidak perlu khawatir saat malam hari atau saat cuaca sedang mendung dan matahari terhalang oleh awan.

Sistem ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada perkantoran, rumah, bandara, pusat perbelanjaan bahkan untuk gedung atau fasilitas umum. Dengan pengaplikasian sistem on grid ini, maka akan membantu Anda untuk dapat menekan pembayaran dari biaya listrik PLN. Adapun komponen-komponen pendukung sistem pembangkit listrik tenaga surya ON Grid diantaranya adalah panel surya on grid, Inverter DC to AC, Panel Distribusi dan entu saja Jaringan PLN.

Lihat yang terkait:

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!