PJU LED Tenaga Surya

PJU LED Tenaga Surya

PJU LED tenaga surya atau penerangan jalan umum LED tenaga surya merupakan lampu penerangan jalan yang menyala dengan memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya. Penerangan Jalan Umum  Tenaga Surya ini sangat cocok digunakan untuk jalan-jalan di daerah-daerah yang belum terjangkau oleh listrik PLN maupun untuk daerah-daerah yang mengalami krisis energi listrik khususnya di daerah terpencil. Meski demikian, namun dalam beberapa waktu terakhir ini PJU Tenaga Surya telah marak diaplikasikan di daerah perkotaan seperti di kawasan jalan utama, jalan perumahan, halte bis, tempat parkir, taman dan sebagainya. Tentu saja ini karena berbagai keuntungan menggunakan PJU tenaga surya yang tidak bisa didapatkan melalui lampu jalan konvensional.

Penerangan Jalan Tenaga Surya merupakan alternatif yang sangat praktis dan efisien untuk dimanfaatkan sebagai sumber penerangan. Karena menggunakan LED tenaga surya juga berarti bahwa Anda menggunakan sumber energi gratis yang bisa didapatkan dari cahaya matahari dengan jumlahnya yang tidak terbatas. Penerangan jalan LED bertenaga surya ini menggunakan Panel Surya dengan lifetime hingga 25 tahun untuk beroperasi. Adapun fungsi dari panel surya ini adalah untuk  menerima cahaya matahari yang kemudian diubah menjadi energi listrik melalui proses photovoltaic. PJU LED tenaga surya secara otomatis dapat mulai menyala pada sore hari dan padam pada pagi hari dengan perawatan yang mudah dan efisien. dengan fitur ini juga membuat lampu jalan ini mandiri dan tidak membutuhkan operator khusus untuk menyalakan atau mematikan lampu. Fitur ini akan sangat mmebantu, khususnya ketika diaplikasikan untuk lampu jalan yang penempatanya jauh dari pemukiman pendudukan sehingga tidak memungkinkan orang untuk bisa tinggal dan melakukan tugas sebagai operator untuk mematikan dan menyalakan lampu.

Meskipun lampu LED sangat efisien dan hemat energy, namun Anda tidak perlu khawatir tentang bagaimana hasl penerangan yang dihasilkan dari lampu ini. Karena dengan menggunakan Lampu LED jenis hi-power yang sangat terang. Selain itu pilihan kapasitas penerangannya juga sangat bervariasi, ini memungkinkan Anda untuk bisa lebih leluasa dalam memilih dan menyesuaikannya dengan kebutuhan. tidak hanya intensitas penerangan yang tinggi, lampu LED juga memiliki daya pakai yang sangat lama mencapai puluhan tahun. Dengan lamanya interval penggantian lampu berarti juga mengurangi frekuensi dan menghemat biaya operasional pemeliharaan. Adapun baterai yang digunakan adalah baterai bebas perawatan  jenis VRLA dan tipe Deep Cycle. PJU Tenaga Surya  ini juga beroperasi secara mandiri dan tidak memerlukan kabel jaringan antar tiang sehingga installasinya sangat mudah, praktis dan sangat ekonomis. Ini juga menjadikan penerangan jalan ini terhindar dari black out total jika terjadi gangguan. Karena pemasangan PJU tenaga surya ini mudah dan tidak membutuhkan kabel serta jaringan tertentu, ini memungkinkan pemasangannya bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk oleh Anda yang tidak memiliki keahlian khusus dalam hal jaringan listrik.

Ada banyak sekali alasan yang menjadikan PJU tenaga surya ini menjadi semakin diminati dan mampu menggantikan lampu konvensional, khususnya sebagai penerangan jalan umum. Berbagai dari keuntungan penggunaan PJU LED tenaga surya ini diantaranya adalah lebih terang dan tahan lama, hemat energy, ramah lingkungan, bebas polusi, cepat dan mudah dalam pemasangan, hemat biaya perawatan, life time yang lama, cocok dipasang di segala lokasi dan tersedia dalam beragam pilihan jenis, kapasitas maupun warna.

Lihat yang terkait:

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!