Tenaga Surya Sederhana

Tenaga Surya Sederhana

Tenaga surya sederhana- Tenaga surya hingga hari ini terus dikembangkan dan telah dimanfaatkan di banyak belahan dunia. Pemanfaatan tenaga surya sendiri sangat bervariasi, diantaranya adalah sebagai energy pembangkit listrik. Tenaga surya ini berpotensi untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumsi energi dunia saat ini dan di masa depan, tentu saja ini karena tenaga surya tersedia dalam jumlah yang berlimpah dan tidak terbatas. Di Indonesia sendiri pembangkit listrik tenaga surya sangat diminati, ini terbukti dengan tingginya antusiasme warga untuk memanfaatkan tenaga surya sebagai sumber pembangkit listrik. Berbagai produk maupun sistem terbaru untuk mengoptimalkan manfaat tenaga surya pun terus bermunculan, termasuk diantaranya adalah panel surya yang sampai hari ini masih menjadi pilihan favorit bagi para pengguna tenaga surya, khususnya sebagai energy listrik.

Tenaga surya merupakan sumber energi terbarukan. Sebagai energy terbarukan, matahari bersifat tidak terbatas, tentu ini sangat berbeda dengan bahan bakar fosil yang akhirnya akan habis jika digunakan secara terus menerus. Energi surya merupakan sumber energi yang ramah lingkungan karena tidak memancarkan emisi karbon berbahaya yang berkontribusi terhadap perubahan iklim seperti pada bahan bakar fosil. Penelitian terbaru melaporkan bahwa rata-rata sistem rumah surya mampu mengurangi 18 ton emisi gas rumah kaca di lingkungan setiap tahunnya. Tidak hanya itu saja, tenaga surya juga tidak memancarkan oksida nitrogen atau sulfur dioksida yang berarti tidak menyebabkan hujan asam. Selain itu, matahari juga merupakan sumber energi yang benar-benar bebas untuk digunakan oleh setiap orang dengan gratis tanpa pungutan biaya apapun.

Lebih banyak tenaga surya yang digunakan maka semakin sedikit kita bergantung pada bahan bakar fosil. Panel surya sebagai perangkaat yang digunakan untuk menangkap dan mengkonversi sinar matahari menjadi energy listrik juga tidak bising beroperasi tanpa mengeluarkan suara, tidak seperti turbin angin besar. Ini membuatnya sangat cocok untuk diaplikasikan di rumah atau gedung-gedung bangunan tertentu. Panel surya biasanya memiliki umur yang sangat lama, minimal 30 tahun, dan biaya pemeliharaannya sangat rendah karena tidak ada bagian yang bergerak. Selain energy terbarukan dan energy alternative pengganti energy fosil, tenaga surya juga merupakan salah satu pilihan energi terbaik untuk daerah-daerah terpencil, bilamana jaringan distribusi listrik tidak praktis atau tidak memungkinkan untuk di-instal.

Saat ini telah mulai dikembangkan berbagai teknologi untuk memanfaatkan tenaga surya, tidak terkecuali juga tenaga surya sederhana yang bisa lebih mudah dibuat maupun diinstall. Meskipun memiliki fitur dan kerangka yang lebih sederhana, namun soal kualitas dan manfaat tidak perlu diragukan lagi. karena beberapa dari perangkat maupun sistem tena surya yang sederhana ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang membuatnya mampu memberikan manfaat besar untuk beragam tujuan, khususnya untuk mengoperasikan perangkat tertentu yang membutuhkan listrik. Tidak hanya memiliki kerangka dan sistem yang lebih sederhana, tenaga surya jenis ini juga relative lebih murah dari segi harga sehingga memungkinkan lebih banyak warga untuk bisa menjangkaunya.

Pemanfaatan tenaga surya di Indonesia saat ini sudah semakin tinggi, ini terbukti dengan banyaknya aplikasi perangkat maupun sistem tenaga surya untuk berbagai tujuan, seperti sebagai pembangkit listrik, untuk mengoperasikan perangkat elektronik tertentu dan sebagainya. dengan kehadiran tenaga surya sederhana ini diharapkan mampu meningkatkan peran dan keterlibatan masyarakat lebih luas untuk memanfaatkan tenaga surya sebagai pemenuh kebutuhan energy listrik sehari-hari.

Lihat yang terkait:

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!