Tenaga Surya Untuk Rumah Tangga

Tenaga Surya Untuk Rumah Tangga

Tenaga surya untuk rumah tangga- Penggunaan tenaga surya sebagai pemenuh kebutuhan listrik rumah tangga saat ini semakin marak. Ini terbukti dengan semakin banyaknya rumah tangga yang mengaplikasikan perangkat maupun sistem tenaga surya. Ada banyak sekali alasan yang kemudian menjadikan tenaga surya sebagai pilihan alternative untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga. berbagai keuntungan yang didapatkan diantaranya adalah lebih bersih dan ramah lingkungan, ini berarti bahwa ketika menggunakan tenaga surya, maka Anda juga telah berkonstribusi menyelamatkan bumi dari polusi penyebab global warming dan hujan asam. Tidak hanya itu saja, tenaga surya juga membuat Anda lebih mandiri terutama dalam penerapan sistem off grid dimana jaringan ini bersifat mandiri dan tidak bergantung dengan listrik PLN. Sementara jika Anda memutuskan unyuk mengaplikasikan sistem on grid, ini juga memberikan keuntungan tersendiri untuk Anda, khususnya dalam menekan biaya listrik bulanan. Karena pada aplikasi sistem on grid ini pada siang hari kebutuhan listrik disuplai dari tenaga matahari yang oleh panel surya dikonversi menjadi tenaga listrik yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk mengoperasikan berbagai peralatan elektronik rumah tangga.

Aplikasi tenaga surya untuk mensuplai kebutuhan listrik rumah tangga memang saat ini semakin banyak dilakukan, tidak hanya oleh mereka yang tinggal di daerah terpencil dan jauh dari jangkauan listrik saja, tetapi juga oleh mereka yang ada di kota-kota besar yang notabeannya tidak kekurangan listrik. Untuk bisa memanfaatkan tenaga surya, dibutuhkan perangkat khusus yang disebut panel surya. Ini merupakan perangkat yang berfungsi untuk menangkap sinar matahari dan kemudian mengkonversikannya menjadi energy listrik. Panel surya ini diaplikasikan pada genteng atau rumah atau bangunan. Tidak seperti pembangkit listrik jenis lainnya yang berisik dan menghasilkan polusi udara, panel surya ini sama sekali tidak mengeluarkan suara berisik sehingga membuat penghuni rumah tetap nyaman.

Tenaga surya untuk rumah tangga dirancang dengan sistem yang sederhana dan juga mudah diaplikasikan. Tidak dibutuhkan kabel-kabel khusus dan jaringan tertentu untuk mengaplikasikannya. Sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk oleh Anda yang tidak memiliki keahlian khusus dalam hal jaringan listrik. Tidak hanya itu saja, pilihan jenis dan kapasitasnya juga sangat bervariasi sehingga memungkinkan Anda untuk bisa memilih dan menyesuaikannya dengan kebutuhan listrik rumah tangga agar lebih efisien dan efektif.  Satu hal yang harus diketahui bahwa energy listrik yang dihasilkan oleh panel surya adalah arus searah (DC). Sehingga untuk bisa digunakan mengoperasikan perangkat elektronik rumah tangga harus diubah terlebih dahulu menjadi arus bolak balik (AC). Untuk melakukannya bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat khusus yang disebut inverter.

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dari mengaplikasikan panel surya untuk bisa mendapatkan manfaat panel surya dalam rumah tangga. meskipun untuk awal pemasangannya dibutuhkan biaya investasi yang relative besar, namun ini sangat sesuai dengan kualitas dan efisiensi jangka panjang yang akan Anda dapatkan. Karena dengna aplikasi panel surya, maka biaya listrik bulanan menjadi jauh lebih murah. Apalagi panel surya juga memiliki usia pakai yang sangat lama mencapai 25+ tahun. Sehingga Anda tidak perlu khawatir harus lebih sering menggantinya. Bagi Anda yang tertarik dan berencana untuk mengaplikasikan tenaga surya untuk rumah tangga, sebaiknya pastikan bahwa Anda hanya memilih dan menggunakan jenis panel surya yang berkualitas, memiliki stabilitas tinggi dan juga harga bersaing.

Lihat yang terkait:

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!