Aplikasi Tenaga Surya

Aplikasi Tenaga Surya

Aplikasi tenaga surya- Tenaga surya sebagai sumber pembangkit listrik saat ini telah dikembangkan dan dimanfaatkan secara luas oleh manusia di bumi. Di berbagai Negara seluruh dunia mulai mengembangkan pemanfaatan energy surya sebagai komitmen untuk mengurangi ketergantungan terhadap energy fosil yang sangat tidak ramah lingkungan dan juga jumlahnya terus menipis. Tenaga surya yang diserap bumi adalah sebanyak 120.000 terawatt dan ini terus dikembangkan untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari tenaga surya. Di Indonesia sendiri pemanfaatan energy surya sudah semakin banyak dilakukan baik oleh pemerintah maupun sipil. Berbagai perangkat dan sistem pembangkit listrik tenaga surya juga terus dikembangkan.

Tenaga surya memang memiliki potensi yang sangat besar apabila dikembangkan dan dimanfaatkan secara tepat, diantaranya adalah sebagai sumber tenaga pembangkit listrik. Tenaga surya sendiri merupakan sumber energy yang sangat besar dengan jumlah yang tidak terbatas. Menyadari hal ini, kemudian berbagai penelitian dan pengembangkan dilakukan untuk bisa mendapatkan manfaat optimal dari tenaga surya. Tenaga surya bahkan menjadi energy terbarukan yang menjadi pilihan alternative untuk menggantikan energy fosil yang saat ini jumlahnya terus menipis. Sebagai sumber energy yang tidak bisa diperbarui, maka pemanfaatan energy fosil suatu saat mau tidak mau harus dihentikan, yakni ketika energy fosil telah habis, karena ini merupakan jenis sumber daya yang tidak bisa diperbarui. Tenaga surya menjadi pilihan alternative untuk menggantikan energy fosil, tidak hanya karena tenaga surya memiliki potensi yang besar, tetapi juga karena tenaga surya lebih ramah lingkungan dan jumlahnya yang berlimpah.

Adapun aplikasi tenaga surya saat ini telah meluas, beberapa diantaranya adalah  sebagai sumber listrik untuk penerangan baik di rumah, di jalan umum, di gedung-gedung tertentu, di desa terpencil atau di daerah yang jauh dari jangkauan listrik dan sebagainya. selain untuk penerangan, energy surya juga dimanfaatkan untuk instalasi wireless (WIFI), radio pemancar, perangkat komunikasi, untuk perangkat signal kereta api, kapal, untuk rumah walet, irigasi, pompa air, sebagai portable power supply, sebagai pemanas untuk menggerakkan turbin sebagai pembangkit listrik tenaga surya, tenaga surya sebagai sumber tenaga untuk perangkat satelit dan sebagainya. Di Indonesia sendiri pemanfaatan tenaga surya sudah luas, Anda pun bisa dengan mudah menemukan berbagai perangkat berbasis tenaga surya seperti misalnya di jalan sebagai penerangan jalan umum, panel surya yang diaplikasikan di atap-atap rumah atau gedung, panel surya untuk pengairan di sawah maupun di daerah yang mengalami kesulitan akses air bersih dan tentu saja tenaga surya untuk daerah terpencil yang jauh dari jangkauan listrik PLN.

Meskipun merupakan sumber energy alternative yang sangat potensial, namun jika dibandingkan dengna pengguna energo fosil, ratio pengguna tenaga surya sebagai pembangkit tenaga listrik masih sangat kecil. berbagai hal yang menjadi alasannya diantaranya adalah harga atau investasi awal yang dibutuhkan dalam melakukan penerapan tenaga surya sebagai sumber pembangkit listrik ini masih sangat tinggi. meski demikian, tenaga surya masih menjadi pilihan investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan, karena meskipun investasi awal yang dibutuhkan relative besar, namun manfaat yang didapatkan juga sama besarnya. Aplikasi tenaga surya akan membantu Anda untuk menghemat biaya listrik bulanan. Selain itu usia pakai panel surya sebagai perangkat pengubah tenaga surya menjadi energy listrik ini juga memiliki usia pakai yang sangat lama mencapai puluhan tahun sehingga Anda tidak perlu khawatir harus menggantinya lebih sering.

Lihat yang terkait:

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!