Lampu Jalan LED Tenaga Surya

Lampu Jalan LED Tenaga Surya

Lampu jalan LED tenaga surya- Penggunaan lampu jalan tenaga surya saat ini semakin marak, karena lampu jalan tenaga surya berbasis LED menggunakan daya yang lebih sedikit dan efisien. selain itu, dari segi tampilan, lampu LED juga jauh lebih menarik jika dbandingkan dengna bohlam konvensional. Tidak seperti lampu penerangan umumnya yang menggunakan energy listrik sebagai sumber daya untuk menyalakan lampu dan menghasilkan penerangan, tetapi pada lampu tenaga surya hanya disuplai dari energi matahari yang diterima solar modul menjadi listrik dan disimpan di baterai sehingga tidak memerlukan suplai dari PLN. Karena tidak membutuhkan suplai listrik PLN, maka ini juga berarti bahwa dalam penggunaan lampu jenis ini, Anda tidak perlu lagi membayar biaya listrik bulanan.

Sebagai lampu jalan yang bisa beroperasi secara mandiri tanpa jaringan listrik PLN, maka dalam instalasi lampu jalan tenaga surya tidak memerlukan kabel, sangat cocok untuk daerah yang jauh dari jangkauan listrik. Karena tidak membutuhkan listrik dan jaringan listrik PLN, menjadikan instalasi lampu tenaga surya ini juga semakin mudah, bahkan bisa dinstal oleh siapa saja, karena umumnya dalam pembelian lampu surya ini dilengkapi dengan instruksi pengaplikasian. Ada banyak sekali alasan yang menjadikan lampu jalan bertana surya ini sebagai pilihan menarik dibandingkan dengan lampu jalan konvensional, beberapa diantaranya adalah karena lampu jalan bertenaga surya ini memiliki daya tahan modul solar panel dan LED yang sangat tinggi, bersifat mandiri, tanpa jaringan tenaga listrik, menggunakan energi matahari yang bisa didapatkan secara gratis dan jumlahnya pun berlimpah, tidak perlu merusak untuk membangun jaringan listrik, instalasi sangat mudah, tidak membutuhkan perawatan, mudah untuk dipindahkan dan maish banyak lagi alasan lainnya.

Aplikasi lampu jalan LED tenaga surya sangat luas, meskipun awalnya penggunaan lampu jalan ini diprioritaskan untuk daerah yang terpencil dan belum mendapatkan jangkauan listrik PLN, namun seiring jalannya waktu aplikasi dari lampu jalan ini semakin meluas, tidak hanya digunakan di daerah-daerah terpencil tanpa listrik saja, tetapi juga untuk berbagai tempat lain seperti jalan perumahan, stadion olahraga, taman, lampu penerangan wisata, lampu jalan perkebunan, lampu jalan pertambangan dan sebagainya.

Seperti halnya pada pemiliha dan pengaplikasian lampu jalan lainnya, dalam pengaplikasian lampu jalam LED bertenaga surya ini juga harus dilakukan dengan tepat. Ada beberapa pertimbangan penting yang harus diperhatikan, diantaranya adalah menyesuaikan ketinggian lampu ( tinggi lampu 4 – 8 meter) dengan tingkat keterangan lampu (watt), menggunakan panel surya sesuai dengan daya lampu LED yang di perlukan. Jangan lupa untuk senantiasa memperhatikan kualitas panel surya dengan produk bergaransi pabrikan, sangat disarankan menggunakan produk yang bergaransi resmi atau ISO atau CUV. Karena panel surya memiliki peran yang sangat vitaldemikian juga dengan pengaruhnya terhadap keawetan battery dan lama nyala dari lampu jalan LED tersebut.

Penerangan Jalan Tenaga Surya merupakan sebuah alternatif yang murah dan hemat untuk digunakan sebagai sumber listrik penerangan di jalan umum karena lampu jalan ini menggunakan sumber energi gratis dan tak terbatas dari alam. Selain itu lampu jalan bertenaga surya juga menggunakan Panel Surya dengan lifetime hingga 25 tahun. Adapun komponen yang disertakan dalam lampu jalan LED tenaga surya diantaranya panel surya, lampu LED, charge Controller Automatic Timer, Battery SLA/ VLRA Deep Cycle Free Maintenance, Battery Box, Various Brackets dan Wiring Harnesses.

Lihat yang terkait:

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!