Lampu Tenaga Surya Portabel

Lampu Tenaga Surya Portabel

Lampu tenaga surya potabel- Tenaga surya memberikan manfaat yang luar biasa besar untuk kelangsungan hidup manusia serta mahluk hidup lainnya. seiring dengan perkembangan waktu, manpemanfaatan dari tenaga surya terus dikembangkan. Sehingga hari ini tenaga surya tidak hanya berfungsi untuk membantu proses fotosintesis tumbuhan, membantu proses pengeringan hasil panel, mengeringkan pakaian setelah dicuci atau pemanfaatan sederhana lainnya. saat ini tenaga surya dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit listrik. Potensi tenaga surya sebagai sumber pembangkit listrik memang sangat besar. Inilah yang memicu para ilmuwan dan para peneliti untuk terus melakukan pengembangan tenaga surya sebagai sumber pembangkit listrik untuk mengoperasikan berbagai perangkat elektronik.
Tenaga surya sebagai sumber pembangkit listrik sampai hari ini memang telah diaplikasikan untuk berbagai keperluan. Di Indonesia sendiri jumlah pengguna PLTS semakin meningkat, khususnya jenis panel surya, selain karena mudah diaplikasikan, panel surya juga hadir dalam banyak pilihan jenis untuk berbagai tujuan penggunaannya, termasuk diantaranya untuk membantu memberikan suplai listrik sebagai sumber penerangan. Penerangan atau lampu bertenaga surya saat ini semakin marak bermunculan, penerapannya juga sangat luas seperti misalnya di jalan umum, taman, tempat wisata, dermaga dan sebagainya. panel surya bekerja dengan menerap sinar matahari pada siang hari, kemudian disimpan di dalam baterai dan dikonversikan menjadi energy listrik yang kemudian dapat digunakan untuk menyalakan lampu pada malam hari.
Sebagai sumber listrik untuk penerangan, tenaga surya memang memiliki banyak sekali keunggulan, diantaranya adalah sifat lampu tenaga surya portabel sehingga memungkinkannya untuk bisa dibawa atau dipindahkan dengan mudah. ini karena lampi tenaga surya dapat diinstall dengan sangat mudah tanpa menggunakan kabel dan jaringan listrik PLN. Ini membuatnya sangat mudah untuk dibawa dan diindahkan. Ukuran yang tersedia juga sangat bervariasi, mulai dari lampu tenaga surya berukuran besar yang digunakan sebagai penerangan di jalan umum maupun di gedung-gedung tertentu hingga lampu tenaga surya yang berukuran kecil dan minimalis yang digunakan untuk penerangan khusus misalnya pada saat berkemah. Selain bersifat portable, lampu tenaga surya juga sangat ramah lingkungan, karena dalam penggunaannya lampu ini sama sekali tidak menghasilkan limbah sebagainya pada lampu yang dinyalakan dengan listrik energy fosil. Inilah yang menjadikan lampu tenaga surya sebagai sumber penerangan yang ramah lingkungan, apalagi interval penggantian panel surya yang digunakan sebagai perangkat listrik bertenaga surya ini juga sangat lama mencapai 25 tahun lebih.
Karena memanfaatkan energi matahari, maka lampu bertenaga surya ini juga sangat efisien karena energi matahari adalah energi yang sangat berlimpah dan dapat diperoleh secara mudah serta gratis. Selain itu panel surya juga mudah dipasang dan memiliki biaya pemeliharaan yang sangat rendah karena semua bagiannya tidak ada yang bergerak. Dengan menggunakan panel surya tidak akan ada polusi suara seperti contoh yang ditimbulkan oleh genset berbahan bakar bensin, sehingga lampu tenaga surya juga sangat cocok untuk diaplikasikan di berbagai tempat, termasuk diantaranya adalah untuk penggunaan di rumah. Di Negara lain sudah banyak yang menawarkan insentif yag menguntungka bagi pengguna panel surya, sedangkan di Indonesia hal ini masih terus diupayakan.
Meski terbukti memiliki banyak sekali manfaat dan efisiensi yang tinggi, namun pengguna lampu tenaga surya di Indonesia masih relative rendah. Ini karena biaya investasi awal yang dibutuhkan untuk mengaplikasikan lampu memang cukup tinggi. namun Anda tidak pelru khawatir, karena saat ini harga lampu tenaga surya portable cenderung terus mengalami penurunan.

Lihat yang terkait:

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!