Pompa Tenaga Surya, Harga

Pompa Tenaga Surya, Harga

Pompa tenaga surya, harga- Air merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia dan mahluk hidup lain untuk bertahan hidup. Tanpa air, maka sangat mustahil bagi manusia untuk bisa bertahan hidup. Kebutuhan air manusia sangat bervariasi, mulai yang paling dasar adalah untuk minum, mandi, memasak, mencuci, mengairi sawah dan sebagainya hingga untuk tujuan khusus seperti kolam renang. Meskipun sadar akan pentingnya kebutuhan air bagi kelangsungan hidup manusia, namun beberapa daerah di Indonesia masih mengalami krisis air bersih yang disebabkan oleh berbagai faktor. Meskipun teknologi dan peralatan pompa untuk memperoleh air telah tersedia dan mudah diperoleh, tetapi pada daerah-daerah tertentu, khususnya di daerah terpencil yang jauh dari jangkauan listrik atai di daerah terdampak bencana alam, ketersediaan tenaga penggerak pompa sering menjadi kendala. Saat ini Teknologi Listrik Tenaga Surya menjadi primadona yang diyakini dapat mengatasi hambatan tersebut.  

Pompa Air berenaga Surya adalah pompa air yang daya listriknya disuplai dari tenaga surya. Sistem pompa ini pada umumnya tanpa menggunakan baterai dan bekerja selama ada sinar matahari. Kapasitas debit perjam pompa sampai dengan 200 m3 dengan kedalaman sampai dengan 350m. Pompa tenaga surya, harga  bekerja secara mandiri dan tidak bergantung dari jaringan listrik PLN. Sehingga memungkinkannya untuk bisa dioperasikan di berbagai daerah atau tempat, bahkan untuk tempat yang jauh dari jangkauan listrik sekalipun. Karena satu-satunya yang dibutuhkan untuk bisa mengoperasikan pompa air bertenaga surya ini adalah dengan cahaya matahari yang akan ditangkap oleh perangkat khusus bernama panel surya. Kemudian cahaya matahari yang ditangkap ini akan dikonversi menjadi enerfgi listrik dengan arus searah yang kemudian digunakan untuk menggerakkan pompa air.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan pompa air bertenaga surya, diantaranya adalah:

  1. Sistem hanya memerlukan energi sinar matahari untuk operasionalnya, jadi untuk selamanya pengguna tidak lagi harus membayar biaya listrik atau membeli bahan bakar minyak.
  2. Pompa Air akan tetap beroperasi meskipun cuaca mendung atau hujan. Ini hanya berpengaruh terhadap debit.
  3. Sistem Pompa Air dibuat dengan sistem operasional otomatis, jadi tidak memerlukan operator khusus untuk mengoperasikan pompa ini.
  4. Tersedia banyak pilihan jenis dan kapasitas pompa air bertenaga surya sehingga memungkinkan Anda untuk lebih mudah dan leluasa dalam memilih serta menyesuaikannya dengan kebutuhan.
  5. Pemeliharaan sistem berkala hanya dilakukan terhadap kebersihan permukaan modul surya dan jaringan pipa.
  6. Pompa air bertenaga surya bisa dengan mudah ditemukan di agen atau distributor yang berafiliasi dengan produsen maupun brand tertentu.
  7. Pompa air sangat cocok untuk diaplikasikan untuk berbagai jenis sumber air, baik itu sumur bor, sumur dangkal, mata air dan sebagainya.
  8. Instalasi pompa air bertenaga listrik sangat mudah dan tidak dibutuhkan kabel atau jaringan tertentu seperti pada saat mengaplikasikan pompa air dengan listrik PLN.

Dengan berbagai pertimbangan tersebut, maka tidak heran jika kemudian pompa air bertenaga surya saat ini jauh lebih diminati dan telah banyak digunakan, terutama untuk kebutuhan pompa air jangka panjang dan untuk penggunaan di kawasan yang jauh dari jaringan listrik. Karena pompa air bertenaga surya ini memiliki daya guna yang sangat tinggi mencapai puluhan tahun. Jadi untuk Anda yang menginginkan pompa air yang efektif dan efisien untuk penggunaan jangka panjang, tentu saja pompa tenaga surya,harga adalah pilihan yang paling tepat.

Lihat yang terkait:

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!