Sistem Tenaga Surya

Sistem Tenaga Surya

Sistem tenaga surya- Seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi dan pengetahuan, saat ini cakupan pemanfaatan dari tenaga surya sudah semakin sangat luas, termasuk diantaranya adalah sebagai Sumber energi listrik. Sistem kerjanya adalah dengan mengubah tenaga surya menjadi energi listrik yang kemudian dimanfaatkan untuk mengoperasikan perangkat elektronik. Karena jumlahnya yang tidak terbatas, tenaga surya memang memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan sebagai energy terbarukan sekaligus sebagai energy alternative untuk menggantikan energy fosil yang kita tahu bahwa energy fosil sangat tidak ramah lingkungan dan jumlahnya juga semakin menipis, sebab energy fosil adalah jenis energy yang tidak bisa diperbarui. Sehingga mau tidak mau manusia harus bisa menemukan energy alternative untuk menggantikan energo fosil.

Sampai dengan hari ini ada banyak sekali negara yang sudah mengembangkan dan membangun pembangkit listrik tenaga surya, tidak terkecuali juga di Indonesia. Seiring dengan kemajuan dunia teknologi dan ilmu pengetahuan, saat ini tenaga surya bahkan telah menjadi bagian yang penting dan sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Khususnya untuk pemanfaatan sebagai sumber energy listrik. Sebagian besar dari Anda mungkin tidak terlalu memperhatikan dari mana listrik itu berasal, khususnya bagi Anda yang selama ini tidak memiliki masalah krisis listrik. Padahal sebenarnya masih ada banyak sekali tempat di permukaan bumi ini yang mengalami krisis listrik bahkan sama sekali belum terjangkau oleh jaringan listrik Negara. Saat ini manusia masih mengandalkan bahan bakar fosil sebagai sumber energi utamanya, padahal menurut perkiraan pada akhir abad ini cadangan minyak diseluruh dunia akan habis.

Manusia telah beberapa kali melakukan pergantian sumber daya seperti dari kayu bakar ke batubara, dari batubara ke minyak dan dari minyak ke gas. Semua pergantian tersebut pada intinya dikarenakan sumber energi terbarukan pada masanya jauh lebih bersih, hemat dan juga efisien. Saat ini sudah dikembangkan dan sudah mulai dimanfaatkan sumber energi terbarukan yaitu sistem tenaga surya. Ini merupakan salah satu sumber energi terbarukan yang tidak akan pernah habis. Menggunakan energi terbarukan dari tenaga surya jauh lebih hemat, lebih efisien, lebih murah dan juga ramah lingkungan karena tenaga surya sama sekali tidak memproduksi limbah atau polusi sebagaimana pada penggunaan energy fosil.

Sebenarnya cara kerja pembangkit listrik tenaga surya ini sangat sederhana, komponen utama dari pembangkit listrik ini selain panas matahari ialah sel foltovotaik atau panel surya. Sel ini berfungsi untuk menangkap panas matahari, untuk kemudian diubah menjadi energi listrik. Pembangkit listrik tenaga matahari menghasilkan listrik tidak langsung, dimana panas dari cahaya matahari akan ditangkap oleh sel-sel foltovotaik lalu panas matahari tersebut digunakan untuk memanaskan cairan yang selanjutnya menjadi uap yang dihasilkan akan dipanaskan oleh sebuah generator yang menghasilkan listrik.

Energi terbarukan dari tenaga surya sendiri sudah mulai diaplikasikan di Indonesia, walaupun belum dalam kapasitas yang besar, namun untuk hal-hal kecil sudah mulai diaplikasikan seperti misalnya pada penggunaan penerangan jalan umum, lampu emergency, lampu lalu lintas, lampu taman, kendaraan bermotor dan sebagainya. meski demikian, jika dibandingkan dengan beberapa Negara maju lainnya, Indonesia masih jauh tertinggal, khususnya daam pemanfaatan tenaga surya sebagai sumber pembangkit listrik. Meski demikian, sampai hari ini di Indonesia masih terus diupayakan pengembangan dan optimasi pemanfaatan sistem tenaga surya yang dilakukan baik oleh ilmuwan, peneliti, pemerintah maupun para investor.

Lihat yang terkait:

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!