Tenaga Surya Untuk Pompa Air

Tenaga Surya Untuk Pompa Air

Potensi tenaga surya sebagai pembangkit listrik saat ini terus dikembangkan. Berbagak teknologi terbaru pun bermunculan sebagai wujud dari aplikasi tenaga surya, termasuk diantaranyata adalah untuk pompa air. Tenaga surya untuk pompa air pada dasarnya sama seperti halnya tenaga surya yang diaplikasikan untuk berbagai perangkat lainnya. Pompa air tenaga surya ini terdiri dari panel surya yang menghasilkan arus listrik DC saat kontak dengan sinar matahari dan pompa air DC untuk memompa air. Panel surya pada pompa air tenaga surya memiliki peran yang sangat penting, karena perangkat inilah yang nantinya akan menangkap sinar matahari dan kemudian mengkonversikannya menjadi energy listrik. Pompa air tenaga surya saat ini juga telah hadir dalam beragam pilihan jenis, tipe dan kapasitas, diantaranya adalah pompa air tenaga surya menggunakan battery (battery-coupled) dan tanpa menggunakan battery (direct-coupled).

Pompa air bertenaga surya ini memiliki sifat independen yang bekerja menggunakan sumber listrik yang dihasilkan oleh solar photovoltaics melalui panel surya dengan pengoperasian yang ekonomis dimana pompa bertenaga angin tidak memberikan kinerja yang memadai. Pompa air ini sangat direkomendasikan untuk penggunaan di daerah yang mengalami krisis listrik atau bahkan di daerah yang belum terjangkau jaringan listrik. Karena dengan penggunaan pompa air jenis ini, maka upaya untuk memenuhi kebutuhan air bersih pun akan menjadi lebih mudah.  Pompa Pompa air yang digerakkan dengan tenaga surya ini merupakan Progessive Cavity Pump yaitu pompa berupa rotor tunggal berbentuk helix yang berputar unik pada rongga stator karet. Rotor diputar langsung oleh motor melalui flexi shaft yang terbuat dari bahan titanium atau stainless steel. Pompa ini tidak memerlukan putaran tinggi sehingga air sudah dapat mengalir meskipun pada saat intensitas matahari berkurang. Selain itu konsumsi daya listrik pompa tenaga surya juga efisien.

Seperti aplikasi tenaga surya untuk berbagai perangkat lainnya, pada pompa air, tenaga surya ini juga memberikan banyak sekali manfaat dan kemudahan termasuk diantaranya adalah membuat penggunanya lebih mandiri dan tidak bergantung pada jaringan listrik PLN atau Genset. Pompa air ini juga sangat flexsible, desain sumber mata air yang dalam, Ekonomis, tidak menggunakan battery untuk bekerja pada siang hari, Bekerja secara otomatis, system control dan tentu saja lebih praktis, karena penggunaan dan instalasinya bisa dilakukan dengan lebih mudah tanpa menggunakan kabel-kabel atau perangkat lain. Karena hanya menggunakan tenaga surya, jadi ketika menggunakan pompa air ini Anda tidak perlu lagi membayar biaya listrik bulanan.

Untuk bisa menemukan tenaga surya untuk pompa air bukanlah halyang sulit untuk dilakukan, apalagi saat ini produksi pompa air tenaga surya secara missal telah dilakukan. ada banyak sekali produsen yang terus berinovasi dalam menciptakan pompa air tenaga surya yang lebih canggih, efektif dan efisien. selain itu, saat ini juga ada banyak sekali agen atau penjual pompa air tenaga surya yang bermunculan. Sehingga tidak akan sulit untuk Anda bisa menemukan merekan, bahkan selain melalui kunjungan langsung, pembelian pompa air tenaga surya ini juga bisa dilakukan secara online atau jarak jauh. Soal harga Anda tidak perlu khawatir, karena harga pompa air tenaga surya ini sangat terjangkau dengan pilihan bervariasi yang memungkinkan Anda untuk bisa lebih leluasa dalam memilih tenaga surya untuk pompa air yang paling sesuai dengan kebutuhan serta budget yang dimiliki.

Lihat yang terkait:

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!