Investor Grid Tie

Investor grid tie- Grid Tie System atau disebut pula dengan istilah on Grid merupakan sebuah sistem yang menggunakan solar panel untuk menghasilkan listrik yang ramah lingkungan dan bebas emisi. Dengan adanya sistem ini maka akan mengurangi tagihan listrik rumah tangga, dan memberikan nilai tambah pada pemiliknya. Karena dengan efisiensi penggunaan daya listrik, maka biaya yang harus dibayar untuk listrik bulanan juga akan lebih kecil. berbeda dengan rangkaian tipe off grid yang bersifat independen dan tidak membutuhkan jaringan PLN, rangkaian sistem grid tie ini tetap terhubung dengan jaringan PLN dengan cara mengoptimalkan pemanfaatan energi dari panel surya untuk menghasilkan energi listrik semaksimal mungkin dari penggunaan tenaga listrik PLN yang seminimal mungkin.

Tipe Off Grid komponen utama tipe ini umumnya terdiri dari Solar cell atau Panel Surya, Controller, Baterai dan Inverter sedangkan pada tipe Grid Tie masih memerlukan jaringan PLN, sistem ini juga menjadi sistem paling murah serta efisien. Grid tie umumnya hanya terdiri dari dua komponen, yaitu Solar cell dan Inverter jenis Grid Tie. Grit tie sendiri sering digunakan untuk mengubah arus searah yang diproduksi pleh sumber energi yang dapat diperbaharui seperti solar panel atau turbin angin menjadi arus alternatif baik untuk tujuan penggunaan rumah tangga maupun industri. Tugas lain yang harus dilakukan grid tie inverter adalah proses metering bersih. Metode metering bersih ini akan memungkinkan Anda untuk meyimpan sedikit energi pada listrik. Sehingga pemeliharaan menjadi lebih mudah karena tidak menggunakan baterai. Grid-tie inverter dirancang untuk memutuskan sambungan dari kotak jika grid utilitas turun. Grid-tie inverter yang tersedia di pasaraan saat ini menggunakan teknologi yang berbeda diantaranya adalah menggunakan frekuensi yang lebih tinggi-transformator dan konvensional frekuensi rendah transformator.

Sebagai salah satu terobosan terbaru dengan fungsinya yang besar menjadikan grid tie sebagai sistem yang sangat direkomendasikan. Apalagi dengan terbatasnya dan semakin menipisnya sumber energy listrik fosil. Itulah mengapa grid tie terus dikembangkan dengan berbagai metode. Biaya yang tidak kecil tentu akan dibutuhkan dalam rangka penelitian dan pengembangan sistem grid tie, disinilah peran investor grid tie menjadi salah penting dan bahkan menentukan keberhasilkan pengembangan grid tie. Sebagai sistem yang canggih dengan manfaat luar biasa, menjadikan grid tie sebagai salah satu sistem yang sangat direkomendasikan dan juga diminati, baik oleh personal maupun korporasi. Karena itu pengembangan grid tie tidak hanya menjadi sebuah upaya untuk menyelamatkan krisis energy dan meningkatkan efisiensi dalam penggunaan energy listrik saja, tetapi ini juga bisa menjadi sebuah peluang bisnis dan investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan.

Saat ini berbagai sistem grid tie memang terus dikembangkan, semakin banyak investor yang tertarik untuk mendanai proyek pengembangan sistem grid tie ini, bahkan tidak hanya investor lokal saja, tetapi juga dari mancanegara.  Karena diyakini bahwa grid tie akan menjadi salah satu sistem yang penting bahkan wajib untuk dimiliki di masa depan, tidak hanya untk efisiensi biaya listrik bulanan saja tetapi juga karena sangat terbatasnya energy listrik fosil. Nah bagi Anda yang tertarik dan ingin mengenal lebih jauh bagaimana sistem grid tie, investor grid tie, pengembangannya serta prospek grid tie di masa depan, Anda bisa menemukan berbagai informasinya dengan memanfaatkan berbagai media baik cetak maupun elektronik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!