Lampu Jalan LED Tenaga Surya

Pemanfaatan Solar Panel atau Lampu tenaga surya dirasa sangat penting sebagai energi alternatif. Ini karena kebutuhan energi semakin lama semakin meningkat ditambah lagi dengan cadangan sumber daya bumi yang semakin menipis. Jumlah bahan bakar minyak sangat terbatas dan tidak dapa diperbarui, apabila terus digunakan tentu akan habis.

Saat ini berbagai upaya dilakukan untuk menemukan sumber pembangkit listrik alternative, termasuk diantaranya adalah dengan memanfaatkan tenaga surya. Lampu jalan tenaga surya merupakan terobosan terbaru dalam dunia teknologi penerangan dimana penerangan ini tidak menggunakan jaringan listrik PLN, melainkan dengan memanfaatkan dan mengolah energi matahari menjadi energi listrik. Memang pembangkit listrik tenaga matahari saat ini terus dikembangkan, karena memiliki potensi yang sangat besar. Khususnya di Indonesia dimana ini merupakan salah satu Negara yang dilalui oleh garis ekuator sehingga membuatnya mendapatkan lebih banyak sinar matahari. Pembangkit listrik tenaga surya saat ini telah diaplikasikan dalam sistem penerangan jalan khususnya untuk daerah perkebunan, pertambangan, taman kota, stadion olahraga, pedesaan yang belum terjangkau oleh PLN.

Lampu jalan LED tenaga surya menggunakan daya yang lebih sedikit dan efisien jika dibandingkan dengan jenis lampu jalan lainnya. Lampu jalan ini juga hanya disuplai dari energi matahari yang diterima solar modul menjadi listrik dan disimpan di baterai sehingga tidak memerlukan suplai dari PLN. Ini berarti Anda tidak perlu lagi membayar biaya listrik PLN setiap bulannya. Selain lebih ekonomis, menggunakan Lampu jalan tenaga surya berbasis LED ini juga memiliki banyak sekali keunggulan, diantaranya tidak memerlukan kabel listrik, sangat lebih mudah karena tidak menggunakan kabel, daya tahan modul solar panel dan LED, bersifat mandiri, karena tanpa jaringan tenaga listrik, tanpa perawatan dan mudah dipindahkan.

Harus diakui bahwa energi listrik yang berasal dari energi surya yang dimanfaatkan saat ini belum sebesar energi listrik yang berasal dari bahan bakar minyak. Karena itu harus terus dilakukan berbagai upaya pembembangan karena selain jumlahnya yang sangat banyak bahkan tidak terbatas, khususnya di Negara tropis seperti Indonesia, tenaga surya ini juga relatif lebih murah hemat ramah lingkungan dan mudah diaplikasikan.

Prinsip kerja dari lampu jalan tenaga surya berbasis LED ini sangat sederhana. Lampu jalan ini terdiri dari lampu LED, panel surya fotovoltaik dan baterai. Saat siang hari dan panas terik, panel surya akan menerima cahaya matahari sebanyak dan selama mungkin, kemudian mengkonversi cahaya tersebut menjadi energi listrik. Energi listrik ini akan disimpan di dalam baterai untuk kemudian menyalakan lampu pada malam hari. Batas waktu menyala berkisar 8-10 jam tergantung seberapa besar kapasitas baterai dan serapan energi matahari.

Lampu jalan tenaga surya ini juga bersifat otomatis, menyala pada sore atau malam hari dan mati ketika pagi hari. Sehingga lebih praktis dan tidak membutuhkan operator khusus. sampai dengan hari ini lampu jalan LED enaga surya sendiri telah diaplikasikan untuk berbagai tujuan penggunaan.

264 thoughts on “Lampu Jalan LED Tenaga Surya

  1. Busaagornz says:

    i need more loan money for college, i need loan urgently. i need loan urgently need loan, i need a loan, cash advance loans with a prepaid debit card, cash advance loans, cash advance, 6 month cash advance loans. Bank lending to banking, accepts deposits. fast loan direct fast loan need fast loan advance.

  2. PrenErunk says:

    Currently, there is not enough evidence available to justify a study of long term tamoxifen in patients with oesophageal cancer, and so this initial pilot study is to determine any biological response of oesophageal cancer to short term tamoxifen lasix 40

  3. Immonnedy says:

    In the absence of ligand tamoxifen or mifepristone, depending on the ligand binding domain engineered into the CRISPR effector, the effector is inactive and the gene controlling TetR is intact, allowing this transcriptional repressor to act on its operator upstream of a reporter gene, to hold that gene off ivermectin cream

  4. Choophy says:

    cystone ginette new york paris Chris Carter, co manager of the 521 million Buffalo GrowthFund, advised by Kornitzer Capital Management in ShawneeMission, Kansas, said a back of the envelope analysis ofTwitter s IPO filing showed a fair market valuation for Twittermight be 10 billion doxycycline

  5. queuesk says:

    PDE5 inhibitors work by improving blood flow to the penis buy lasix INTRARETINAL DEPOSITION OF TRIAMCINOLONE ACETONIDE AFTER TREATMENT OF DIABETIC MACULAR EDEMA Varsha Manjunath, BS, Jay S

  6. game boxes says:

    I was suggested this website by my cousin. I am not sure whether this post is written by him as no one else know such detailed about my difficulty. You’re amazing! Thanks!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!