Panel Surya Terbaik

Panel surya merupakan sebuah perangkat yang didesain secara khusus untuk menyerap sinar matahari sebanyak dan selama mungkin kemudian mengkonversikannya sehingga menjadi energi listrik ( DC ). Energi listrik ( DC ) yang dihasilkan dapat disimpan dalam baterai, atau dapat digunakan langsung ke beban AC atau DC sesuai dengan kebutuhan. Untuk beban AC, diperlukan alat yang dinamakan inverter.

Saat ini kebutuhan akan energi listrik di rumah sangatlah besar, karena hampir semua peralatan rumah tangga beroperasi menggunakan energi listrik. Sayangnya sampai hari ini jenis energi listrik yang masih digunakan adalah energi listrik yang dihasilkan melalui pembangkit listrik berbahan bakar fosil ( batu bara ). Padahal pembangkit listrik berbahan bakar fosil membawa dampak negatif, diantaranya menghasilkan polusi udara, polusi suara, dan terutama kerusakan lingkungan karena batu bara adalah sumber energi yang tidak terbarukan. Jika penggunaan dan pemanfaatan batu-bara ini terus dilakukan dalam kurun waktu yang lama dan tidak ada regererasinya maka pada saatnya kita tidak bisa lagi menikmati energi listrik.  Untuk menghindari  hal tersebut dikembangkanlah berbagai energi alternatif dan terbarukan untuk memperbarui dan mengganti peran energi listrik konvensional.

Disinilah peran energi matahari sebagai sumber energi alternatif terbarukan menjadi pilihan yang paling tepat, sehingga masih terus dikembangkan sampai sat ini.

Pembangkit listrik tenaga surya hari ini telah banyak diaplikasikan di berbagai sektor. Indonesia merupakan negara tropis yang terletak di garis katulistiwa. Ini membuat sinar matahari yang menyinari Indonesia begitu melimpah. Hampir sepanjang tahun di seluruh daerah di Indonesia mendapatkan sinar matahari. Ini adalah potensi yang sangat besar untuk dikembangkan. Meskipun aplikasi panel surya relative mahal, namun manfaat yang diberikan dalam menyuplai energi sangatlah besar. Maka tidak heran jika kemudian panel surya terbaik mulai diaplikasikan di berbagai sector, termasuk untuk rumah-rumah tinggal.

Saat ini ada banyak sekali jenis panel surya yang ada di pasaran dimana masing-masing hadir dengan fitur dan spesifikasi serta kapasitas yang bervariasi antara satu dengan lainnya. Oleh sebab itulah Anda harus lebih cermat dan selektif dalam memilihnya. Pastikan bahwa jenis panel surya yang dipilih sudah sesuai dengan kebutuhan listrik. Untuk pemasangan panel surya sebaiknya tidak dilakukan pada saat musim hujan.

Selain memperhatikan pemasangan dan menyesuaikan panel surya dengan kebutuhan, hal penting lain dalam memeilih panel surya adalah mempercayakan pemilihan panel surya pada produsen yang professional dan terpercaya. ini akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan panel surya terbaik dengan penawaran harga yang bersaing serta pelayanan professional memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!