Panel Surya

Panel Surya merupakan perangkat yang terdiri dari sel Photovoltaic yang berfungsi menyerap sinar matahari kemudian mengkonversinya sehingga menjadi energi listrik. Ketersediaan Energi matahari yang sangat besar dan tidak terbatas ini menjadikan energi ini terus dikembangkan untuk dapat mencukupi kebutuhan listrik manusia. Karena seperti kita tahu bahwa energi listrik konvensional yang selama ini digunakan merupakan energi yang jumlahnya terbatas dan tidak dapat diperbarui. Karena itulah dibutuhkan energi terbarukan yang mampu mengganti fungsi dan peran dari energi listrik konvensional untuk memenuhi kebutuhan listrik manusia.

Jika energi matahari dapat diserap diatas 1% dari luas permukaan bumi, maka akan menutupi konsumsi energi listik yang dibutuhkan untuk seluruh dunia. Permukaan bumi disinari matahari dengan jumlah volume yang sangat besar. Energi matahari juga sangat ramah lingkungan, karena dalam pemakaiannya tidak menghasilkan emisi gas buang CO2 yang dapat merusak lingkungan. Inilah mengapa energy matahari kemudian dipilih sebagai enegi alternative untuk memenuhi kebutuhan energy listrik sekaligus untuk mengamankan bumi dari efek global warming.

Teknologi solar panel telah dikembangkan secara luas. Melalui solar panel, sinar matahari dikonversi menjadi energi listrik melalui proses aliran-aliran elektron negatif dan positif didalam cell modul tersebut karena adanya perbedaan electron. Hasil dari konversi inilah yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk mengoperasikan peralatan elektronik atau diubah terlebih dahulu menjadi arus AC dengan menggunakan inverter. Di pasaran biasanya dijual dalam bentuk paket dan penggunaannya juga bisa integrasikan dengan jaringan listrik PLN. Pada umumnya aplikasi solar panel ini digunakan untuk menghidupkan lampu-lampu penerangan baik di rumah, kantor maupun fasilitas umum.

Secara umum terdapat tiga jenis solar panel, mereka adalah Monokristal (Mono-crystalline), Polikristal (Poly-crystalline) dan Thin Film Photovoltaic. Monokristal adalah panel yang paling efisien yang dihasilkan dengan teknologi terkini & menghasilkan daya listrik persatuan luas yang paling tinggi. sedangkan Polikristal adalah panel yang memiliki susunan kristal acak karena dipabrikasi dengan proses pengecoran dan Thin Film Photovoltaic adalah panel dengan dua lapisan yang memiliki struktur lapisan tipis mikrokristal-silicon dan amorphous dengan efisiensi modul hingga 8.5%

Dalam mengaplikasikan solar panel, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan, diantaranya adalah panel ditempatkan di bagian atap sehingga tidak terkena bayangan pohon atau benda lain yang dapat menghalani sinar matahari, atap harus cukup kuat menahan beban panel dan angin, panel ditempatkan sedemikian rupa sehingga memudahkan dilakukan perawatan atau perbaikan, dan tersedia jarak antara atap dengan panel untuk sirkulasi udara di bawah solar panel.

Salah satu manfaat dari aplikasi solar panel, adalah memungkinkan meratanya jumlah pemakai listrik sampai kedaerah karena aplikasi panel surya tepat digunakan di daerah yang terpencil yang jauh dari jangkauan listrik PLN, proses instalasi yang relatif cepat, dan merupakan energi yang ramah lingkungan, Sistem tenaga surya sudah terbukti handal dan sudah lebih dari 50 tahun mendukung program luar angkasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!