Panel Surya Untuk Pompa Air

Panel Surya Untuk Pompa Air

Pompa Air Tenaga Surya merupakan salah satu aplikasi pembangkit listrik tenaga surya yang dalam beberapa waktu terakhir ini begitu populer dan sangat diminati. Pompa air tenaga surya adalah pompa air independen yang bekerja menggunakan sumber listrik yang dihasilkan oleh solar photovoltaics melalui panel surya dengan pengoperasian yang sederhana. Pompa air ini sangat direkomendasikan untuk digunakan di daerah yang mengalami krisis listrik atau bahkan di daerah yang belum terjangkau jaringan listrik. Dengan menggunaan pompa air tenaga surya upaya untuk memenuhi kebutuhan air bersih pun akan menjadi lebih mudah. Ini merupakan pilihan yang sangat tepat. Apalagi Indonesia merupakan Negara tropis dimana cahaya matahari sangat berlimpah dan hampir bisa ditemukan setiap hari di seluruh penjuru Indonesia.

Pompa air tenaga surya bekerja pada putaran rendah sehingga air dapat mengalir meskipun saat sinar matahari terhalang olah awan. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan pompa air tenaga surya ini diantaranya adalah lebih mandiri atau independen karena tidak menggunakan listrik PLN atau Genset, dan sangat flexsible. Pompa air tenaga surya ini sepenuhnya memanfaatkan sinar matahari sebagai tenaga penggeraknya. Ini berarti bahwa Anda tidak perlu lagi memikirkan untuk membayar biaya listrik, membeli bahan bakar atau lainnya. karena cahaya matahari bisa didapatkan secara gratis dan jumlahnya pun sangat melimpah.

Pompa air tenaga surya terdiri dari panel surya yang menghasilkan arus listrik DC saat kontak dengan sinar matahari dan pompa air DC itu sendiri untuk memompa air. Panel surya untuk pompa air ini memiliki peran yang sangat penting, karena perangkat inilah yang nantinya akan menangkap sinar matahari dan kemudian mengkonversikannya menjadi energy listrik. Saat ini terdapat dua jenis pompa air tenaga surya, yaitu pompa air tenaga surya menggunakan battery (battery-coupled) dan tanpa menggunakan battery (direct-coupled). Untuk jenis pompa air dengan battery ini terdiri dari panel sel surya, pengatur cas battery, battery, pengontrol pompa, unit pendeteksi tekanan air dalam tangki penampung dan tentu saja pompa air DC. Sedangkan untuk pompa air tanpa battery, sistem ini arus listrik DC dari panel sel surya langsung menggerakan pompa air.

Pompa air direct coupled ini bekerja berdasakan tegangan yang dihasilkan oleh panel sel surya. Untuk jenis kedua ini, pompa air hanya dapat digunakan pada siang hari atau pasa saat matahari bersinar, sementara untuk malam hari, mereka tidak bisa dioperasikan, karena itu untuk sistim ini dibutuhkan tangki penampung yang lebih besar.. Banyaknya air yang dipompa tergantung dari intensitas sinar matahari yang mengenai panel sel surya dan jenis pompa yang digunakan. Adanya pump controller yang sesuai yang terpasang diantara panel surya dan pompa air akan membantu mengkompensasi tegangan dari intensitas matahari yang berubah-ubah.

Lihat yang terkait:

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!