DEKLARASI GERAKAN NASIONAL SEJUTA SURYA ATAP

” Gerakan Nasional Sejuta Surya Atap Menuju Gigawatt Fotovoltaik di Indonesia ” merupakan deklarasi yang dihasilkan pada acara INDO EBTKE CONNEX DAN BALI CLEAN ENERGY FORUM 2017 yang diselenggarakan pada tanggal 13-15 September 2017 di Balai Kartini Jakarta.

Gerakan ini dilatar belakangi oleh keinginan untuk memperkuat ketahanan energi nasional melalui pencapaian target Energi Baru Terbarukan dalam bauran energi primer sebagaimana yang ditetapkan dalam Kebijakan Energi Nasional yang menargetkan adanya peningkatan bauran Energi Terbarukan dari 5% pada 2015 menjadi 23% pada 2025.

Deklarasi yang didukung baik oleh Pemerintah, maupun masyarakat dan berbagai asosiasi perusahaan ini ditandatangani oleh Direktur Jeneral Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Direktur Jenderal Industri Logam, Manufaktur, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia, Konsorsium Kemandirian Industri Fotovoltaik Indonesia, Asosiasi Energi Surya Indonesia, Asosiasi Pabrikan Modul Surya Indonesia ( APAMSI ), dan Perkumpulan Pengguna Listrik Surya Atap.

Tujuan Program ini adalah:

  1. Mendorong dan mempercepat pembangunan pembangkit listrik tenaga surya fotovoltaik atap di perumahan, fasilitas umum, perkantoran pemerintah, bangunan komersial, dan kompleks industri, hingga mencapai orde gigawat sebelum 2020.
  2. Mendorong tumbuhnya industri nasional sistem fotovoltaik yang berdaya saing dan menciptakan kesempatan kerja hijau (green jobs).
  3. Mendorong penyediaan listrik yang handal, berkelanjutan dan kompetitif.
  4. Mendorong dan memobilisasi partisipasi masyarakat untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan ancaman perubahan iklim, dan ikut mendukung terlaksananya komitmen Indonesia atas Paris Agreement dan upaya mencapai tujuan Sustainable Development Goals (SDGs).

Dalam pelaksanaan Gerakan Nasional Sejuta Atap Surya ini, para penggagas bersepakat untuk :

  1. Berkolaborasi dan bersinergi untuk membangun pasar fotovoltaik nasional yang luas dan kompetitif.
  2. Berkoordinasi, berkolaborasi dan bersinergi dalam mengidentifikasi dan mengimplementasikan strategi-strategi yang efektif untuk menyingkirkan hambatan-hambatan kebijakan dan regulasi, teknis, dan pendanaan yang menghalangi pengembangan fotovoltaik atap.
  3. Bersama-sama melakukan sosialisasi secara aktif kepada masyarakat, pemangku kebijakan dan pemangku kepentingan lainnya.
  4. Berkontribusi secara aktif sesuai dengan bidang keahlian dan kapasitas yang dimiliki.
  5. Berusaha mengoptimalkan pengintegrasian fotovoltaik atap dalam program dan proyek penyediaan listrik, pembangunan perumahan rakyat,serta pembangunan fasilitas dan infrastruktur publik yang diinisiasi dan didukung oleh pemerintah dan pemerintah daerah.

Kami, PT SURYA UTAMA PUTRA sebagai salah satu Pabrik Modul Surya dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Indonesia tentunya sangat mendukung dan berperan aktif dalam mewujudkan gerakan Nasional tersebut melalui produk solar Modul berkualitas yang kami miliki.

Sumber :  SIARAN PERS | INDO EBTKE CONNEX DAN BALI CLEAN ENERGY FORUM 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!