Panel Surya 100 Wp

Panel Surya 100 Wp

Panel surya 100 Wp- Panel surya adalah alat yang terdiri dari sel surya yang mengubah cahaya matahari menjadi energy listrik. Panel surya sering kali disebut sel photovoltaic, photovoltaic atau cahaya-listrik. Sel surya sendiri sangat bergantung pada efek photovoltaic untuk menyerap energi Matahari dan menyebabkan arus mengalir antara dua lapisan bermuatan yang berlawanan. Panel surya sendiri merupakan komponen yang sangat penting dalam pengaplikasian listrik bertenaga matahari. Karena dari perangkat inilah sinar matahari akan ditangkap kemudian dikonversikan menjadi energy listrik yang pada akhirnya sinar matahari ini akan dapat digunakan sebagai sumber listrik untuk menggerakan atau mengoperasikan perangkat elektronik tertentu.

Panel surya sendiri diproduksi dalam banyak pilihan jenis. Perbedaan ini ada pada fitur, stabilitas, kapasitas dan tentu saja harga. Oleh sebab itulah bijak dan selektif dalam memilih sangat penting untuk dilakukan supaya Anda bisa menemukan jenis panel surya yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. berdasarkan kapasitasnya, panel surya memang tersedia dalam banyak pilihan, termasuk diantaranya adalah panel surya 100 Wp yang merupakan salah satu jenis paling diminati dan paling banyak digunakan, terutama untuk kebutuhan rumahan. WP atau singkatan dari Watt-Peak adalah istilah yang digunakan dalam dunia solar energy. WP menggambarkan besarnya nominal Watt tertinggi yang dapat dihasilkan dari sebuah solar system. Tentu saja ini karena energi dari sinar matahari memang cenderung berubah-ubah dalam satu hari. Semakin tinggi watt peak, maka akan semakin besar pula manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan panel surya ini, demikian juga sebaliknya. Meski begitu, pemilihannya tidak bisa dilakukan sembarangan, karena untuk efisiensi dan efektivitas, memilih panel surya juga harus melalui berbagai pertimbangan, termasuk diantaranya adalah perhitungan kebutuhan daya.

Untuk perhitungan daya, tentu tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Nah berikut ini adalah beberapa tips menentukan daya yang bisa Anda ikuti:

  1. Petama-tama Anda harus menentukan terlebih dahulu berapa kebutuhan jumlah total beban di rumah yang akan menggunakan tenaga dari solar panel. Dari tagihan listrik, bisa dilihat tingkat konsumsinya dalam bentuk kWh setiap bulan.
  2. Selanjutnya adalah menentukan berapa lama beban ini akan dihidupkan dengan menggunakan sistem solar panel?
  3. Jumlah total watt perlu ditambahkan sekitar 20 persen yang adalah listrik yang digunakan oleh perangkat selain panel surya, yakni inverter sebagai pengubah arus DC menjadi AC dan controller sebagai pengatur arus yakni menutup arus ke baterai jika tegangan sudah berlebih di baterai dan memberhentikan pengambilan arus dari baterai jika baterai sudah hampir kosong.
  4. Dari total watt setelah ditambahkan 20% , jika dibagi 12 V atau tegangan umum yang dimiliki baterai maka kuat arus yang dibutuhkan akan ditemukan dalam hitungan Ampere. Selanjutnya Anda bisa menyesuaikan kebutuhan ini dengan jumlah baterai dan kapasitas baterai yang akan digunakan.
  5. Dengan mengetahui jumlah hitungan kebutuhan ini, maka Anda pun akan mendapatkan jumlah panel yang dibutuhkan. Jika menggunakan ukuran panel surya 100 wp, maka dalam sehari panel ini akan menghasilkan supply sebesar 100 wp x 5 (jam) = 500 watt. Adapun 5 jam didapat dari efektivitas rata-rata waktu sinar matahari bersinar di negara tropis seperti Indonesia.

Jika 1 panel yang 100 wp mampu memberikan listrik sejumlah 500 watt, maka Anda akan bisa menentukan berapa jumlah panel surya yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan listrik di rumah.

Lihat yang terkait:

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!